KPU Jatim Tetapkan Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 Jatim

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 11 Mei 2019 - 09:49

JATIMNET.COM, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membacakan hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi (DC1), Sabtu 11 Mei 2019. Dalam siang pleno penetapan ini, KPU juga akan membacakan form keberatan (DC2) dari empat wilayah kabupaten atau kota.

"Ada empat Kabupaten yang tidak tuntas dan belum terselesaikan meliputi Bondowoso, Probolinggo, Pamekasan dan Bangkalan," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam saat diwawancarai usai rekapitulasi tingkat provinsi di Hotel Singgasana Surabaya, Sabtu 11 Mei 2019.

Hasil rekapitulasi dibacakan supaya semua saksi mengetahui proses yang telah berlangsung selama enam hari sejak 7 Mei 2019 hingga 10 Mei 2019.

BACA JUGA: KPU Jatim Diprotes PKB dan Gerindra Soal Rekapitulasi Pamekasan

Anam menyampaikan jika terdapat saksi yang tidak melakukan tanda tangan, berdasarkan peraturan, KPU Jatim akan tetap membuatkan berita acaranya. Namun, saksi diminta untuk menyampaikan alasan tidak melakukan tanda tangan di form DC2.

"Jadi penandatanganan ini memang tidak wajib, jadi tidak tanda tangan pun bukan berarti menolak. Karena tanda tangan adalah hak saksi," kata dia.

Ia mengatakan jika masih terdapat keberatan, jalur yang bisa ditempuh adalah masuk ke DC2 yang kemudian dibahas di tingkat nasional. Jika masih belum puas juga, masih ada alur lainnya, yakni melalui Bawaslu Provinsi, maupun Bawaslu RI.

Anam menambahkan, pasca penetapan pada Rabu 22 Mei 2019 mendatang, keberatan juga bisa disampaikan melalui jalur Mahkamah Konstitusi (MK). "Jadi, saya kira semua ada jalurnya, kemudian tidak ada kesan semua ini dipaksakan harus selesai," kata Anam.

BACA JUGA: Rekapitulasi Pemilu 2019 Jatim Tinggal Tiga Kabupaten di Madura

Ia mengatakan hasil rekapitulasi berupa data DC1 dan DC2 ini akan diserahkan ke KPU RI pada Minggu 12 Mei 2019 mendatang.

Karena, setelah hasil pembacaan hari ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan bawaslu Jatim untuk menyampaikan atau menindaklanjuti keberatan saksi yang belum terselesaikan selama proses di provinsi.

"Jadi sebelum ke Jakarta kami akan berupaya menuntaskan semua keberatan saksi bersama Bawaslu Provinsi Jatim," katanya.

Namun sejauh ini, kata Anam, pihaknya sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil pemilu 2019 pada 38 kabupaten atau kota di Jatim, baik Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPR Provinsi.

BACA JUGA: Memanas, KPU Jatim Skors Rekapitulasi

"Terkait konversi suara menjadi kursi, kami menunggu penetapan KPU RI dan setelah itu pun ada proses PHPU tahapan perselisihan hasil perhitungan suara oleh MK," pungkasnya.

Ia berharap proses secara nasional berjalan lancar, sehingga pihaknya bisa menyelesaikan dengan cepat calon-calon yang duduk di kursi DPD, DPR RI, dan DPR Provinsi di Jatim.

Apalagi, Anam menambahkan, selama proses perhitungan ini pihaknya sudah berupaya memenuhi keluhan dan permintaan saksi. "Ya seperti permintaan penyandingan, yang diawali dari DB2 dari parpol maupun perserta pemilu ini semua kami lakukan. Walaupun hasilnya masih kurang memuaskan untuk saksi," katanya.

Baca Juga

loading...