BI Tambah Titik Penukaran Uang Baru Saat Lebaran

Baehaqi Almutoif

Jumat, 3 Mei 2019 - 13:15

JATIMNET.COM , Surabaya - Bank Indonesia (BI) mengantisipasi peredaran uang palsu saat lebaran, dengan menambah titik penukaran uang baru, selain di kantor bank mitra.

Bank sentral Indonesia itu, juga mengimbau masyarakat melakukan penukaran di titik yang telah ditentukan.

"Kami imbau masyarakat kalau mau tukar uang ke tempat yang resmi," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah dikonfirmasi, Jumat 3 Mei 2019.

Tahun ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan beberapa perbankan,  Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui rest area, serta mengoperasikan penyedia penukaran uang kas keliling.

BACA JUGA: BI Yakin Inflasi Saat Ramadan dan Lebaran Terkendali

Harapannya, masyarakat melakukan penukaran di tempat yang telah ditentukan, dan terhindar dari peredaran uang palsu.

"Selain itu kami selalu melalukan upaya sosialisasi ke berbagai daerah untuk antisipasi uang palsu. Ini sudah mulai sosialisasi," ungkapnya.

Ramadan tahun ini, kantor perwakilan BI Jawa Timur meningkatkan kerjasama dengan perbankan. Dari 66 bank tahun lalu, bertambah menjadi 68 bank di 2019.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Yudi Harymukti mengatakan, ada beberapa tempat untuk penukaran uang yang bisa dilakukan masyarakat, selain perbankan yang menjalin kerjasama.

BACA JUGA: BI Jatim Prediksi Kebutuhan Uang Baru Rp 33,4 Triliun

Penukaran di Makodam V Brawijaya akan ada 12 perbankan yang mulai melayani penukaran uang sejak 21-19 Mei 2019.

Sedangkan di rest area ruas jalan tol bekerjasama dengan lima perbankan, dengan jadwal Senin dan Kamis, dimulai tanggal 28 Mei sampai 4 Juni.

Beberapa ruas jalan tol yang menyediakan penukaran adalah, Surabaya-Gempol, Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Jombang, Gempol-Pasuruan, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang dan Pasuruan-Probolinggo.

Baca Juga

loading...