Warga Pesisir Probolinggo Gelar Lomba TPS Unik

Zulkiflie

Rabu, 17 April 2019 - 12:03

JATIMNET.COM, Probolinggo – Cara berbeda dilakukan warga perkampungan nelayan pesisir Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo guna meningkatkan antusiasme warga memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019.

Mereka menggelar lomba TPS (Tempat Pemungutan Suara) unik, yang diikuti oleh enam TPS. Beragam TPS unik seperti bertema anak sekolah, marlena dan sakera, serta tema semangat merah putih ada dalam lomba yang baru digelar pertama kalinya ini.

Uniknya rupa TPS tak disia-siakan warga sekitar guna menggunakan hak suaranya dalam Pemilu legislatif dan presiden yang digelar hari ini.

BACA JUGA: Warga Surabaya Habiskan Rp50 Juta Bikin TPS Bernuansa Etnik

Panitia Lomba sekaligus Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara),Taufiqurrohim mengatakan, lomba TPS unik sengaja digelar mengingat tingkat kesadaran warga setempat di Pemilu sebelumnya sangat rendah untuk menggunakan hak suaranya.

Warga lebih banyak yang memilih untuk bekerja yakni bertani dan melaut daripada datang ke tempat pemungutan suara untuk mencoblos.

“Sengaja kita gelar lomba TPS unik, agar warga tertarik datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya,” kata Taufiq, Rabu 17 April 2019.

BACA JUGA: Ada Skuat Avengers Amankan TPS di Kota Pahlawan Surabaya

Adanya lomba TPS unik sendiri, direspons positif para peserta lomba. Mereka mengaku terpacu dalam berkreatifitas, dengan tujuan meningkatkan tingkat partisipasi warga dalam Pemilu 2019.

Seperti disampaikan Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemugutan Suara) TPS 6, Ulfa Maimuna. Menurutnya lomba TPS unik membuat para petugas di TPS-nya lebih semangat menjalankan tugas karena suasananya beda dengan TPS biasanya.

Sementara tema yang diangkatnya berkonsep adat Madura yang mengisahkan Marlena dan Sakera dengan suasana ladang atau lahan perkebunan warga.

BACA JUGA: Google Bikin Doodle Pemilu 2019 di Indonesia

“Lebih menarik tentunya kalau dibuat lomba seperti ini, warga pun lebih antusias datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya,”ungkapnya.

Sebagai informasi, Desa Randutatah masuk dalam Dapil 3 meliputi wilayah Paiton, Kotaanyar dan Pakuniran. Jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Desa Randutatah mencapai 1.335 orang.

Baca Juga

loading...