Lima Jenis Pekerjaan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Paru-paru

Hari Istiawan

Senin, 10 Juni 2019 - 13:25

JATIMNET.COM, Surabaya – Sebuah studi menyebutkan ada keterkaitan antara jenis pekerjaan dengan penyakit yang diderita, terutama masalah kesehatan pada jantung dan paru-paru.

Mengutip Boldsky.com, Senin 10 Juni 2019, setidaknya sekitar 17 persen penyakit paru-paru pada seseorang disebabkan karena paparan di lingkungan kerja. Bahkan, jenis pekerjaan tertentu bisa memperburuk kondisi bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

BACA JUGA: Risiko Rokok Elektrik Terhadap Kesehatan Paru-paru

Kesehatan paru-paru bisa terkena dampak negatif dari polutan seperti bahan kimia, kuman, asap tembakau, kotoran, serat, dan debu. Berikut lima jenis pekerjaan yang bisa berdampak pada paru-paru Anda jika:

1. Pembantu rumah tangga dan petugas kebersihan

Penggunaan bahan kimia berbahaya dalam jumlah banyak untuk membersihkan bisa memicu asma. Zat kimia dalam pembersih dapat berdampak buruk pada jaringan paru-paru anda.

Pembersih organik juga tidak menjamin lebih baik karena melepaskan senyawa organik yang mudah menguap yang dapat menyebabkan masalah pernapasan kronis dan reaksi alergi. 

BACA JUGA: Adakah Hubungan Antara Kopi dan Kanker Paru?

2. Bartender dan pelayan bar

Bekerja di dalam ruang yang dipenuhi asap sangat berbahaya bagi paru-paru Anda. Asap rokok ini dan jenis peralatan merokok lainnya adalah beberapa penyebab utama kanker paru-paru.

3. Penata kecantikan rambut

Penggunaan bahan kimia yang digunakan secara konstan untuk pewarnaan rambut dan penataan rambut berbahaya bagi organ pernapasan Anda dan dapat menyebabkan asma akibat pekerjaan. Banyak produk pelurus rambut mengandung formaldehyde, karsinogen yang dikenal yang merupakan penyebab utama kanker paru-paru dan iritasi.

BACA JUGA: Polusi Udara Berkaitan dengan Kanker Paru

4. Konstruksi

Seseorang yang bekerja di bidang konstruksi semakin rentan terhadap pengembangan penyakit paru-paru. Mereka terpapar asbes dan serat mikroskopis lainnya yang dapat meningkatkan risiko mesothelioma (kanker) dan kanker paru-paru sel kecil. Partikel-partikel ini juga dapat menyebabkan asbestosis atau jaringan parut pada paru-paru.

5. Pekerja Pabrik Manufaktur

Pekerja Pabrik Manufaktur berisiko terserang asma. Sebab bisa terpapar logam inhalasi dalam pengecoran, silika atau pasir halus dan sebagainya, orang-orang ini beresiko mengembangkan silikosis (penyakit yang melukai paru-paru). Pekerja manufaktur memiliki risiko tinggi terkena kanker paru-paru.

Baca Juga

loading...