Ketika Koki Pantura Beradu Kemampuan Olahan Ikan Asap

Zulkiflie
Zulkiflie

Sabtu, 9 Februari 2019 - 17:45

JATIMNET.COM, Probolinggo – Pemandangan tak biasa ditunjukkan puluhan koki di pesisir pantai utara Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu 9 Februari 2019. Sekitar 50 koki dari sejumlah resto dan rumah makan yang ada di pesisir pantura beradu kemampuan membuat olahan ikan asap.

Berbagai macam olahan ikan asap disajikan para koki dalam lomba yang di gelar di areal Eko Wisata Mangrove BJBR (Bee Jay Bakau Resort), Mayangan, Kota Probolinggo.

Yang menarik, ada olahan ikan asap yang dibuat menyerupai hamburger. Meski bentuk olahannya sama persis dengan hamburger pada umumnya, bahan yang dipakai tetap menggunakan daging ikan asap.

BACA JUGA: Walikota Probolinggo Instruksikan Perkantoran Bangun Tempat Salat dan Wudu

Ada juga Rempah Asap Mina Holada yang juga terbuat dari Ikan asap, kelapa muda, aelasih dan kentang.

Menu tersebut dibuat oleh Suntono adi, salah satu koki peserta lomba. Ia sengaja memilih menu itu agar ikan asap olahannya tampil elegan dan berbeda dengan lainnya.

Tak kurang dari 30 menit, waktu yang dihabiskan dalam membuat menu ikan asap menyerupai sajian kuliner khas eropa tersebut.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah di Probolinggo Anjlok

"Memang sengaja bikin olahan ikan asap yang beda, biasanya kan tampilan nusantara. Sekarang kita kemas Ikan Asap ala Western Food biar elegan,"ujarnya.

Sebagai informasi, lomba olahan ikan Asap sendiri, digelar oleh HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Probolinggo bersama BJBR dan Pemerintah Kota Probolinggo, guna memopulerkan ikan asap yang merupakan kuliner laut khas di kawasan pantura, Probolinggo.

Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS Soufis Subri yang turut hadir dalam lomba tersebut berharap, olahan ikan Asap khas Probolinggo semakin dikenal luas hingga luar daerah.

BACA JUGA: Peringatan Imlek, Klenteng Sumber Naga Probolinggo Dibanjiri Wisatawan

Guna merealisasikannya, Pemerintah Kota Probolinggo akan menyiapkan sentra olahan ikan asap yang fungsinya juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Kota Mangga ini.

"Potensi Ikan di kota ini sangatlah luar biasa, perlu adanya inovasi kreatif agar potensi ini terus berkembang, bahkan menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat," katanya.

Baca Juga

loading...