Google Rilis Ponsel Pixel 3a Seharga Rp 5 Jutaan

Dyah Ayu Pitaloka
Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 8 Mei 2019 - 10:49

JATIMNET.COM, Surabaya – Google Alphabet Inc merilis Ponsel Pixel 3a dengan harga separuh lebih murah dibanding versi sebelumnya, pada Selasa 7 Mei 2019. Google juga membatalkan kerja sama eksklusif dengan Verizon Communications Inc sebagai distributornya.

Sejak turun di pasaran tiga tahun lalu, penjualan Pixel cukup lamban dibanding ponsel produksi Apple Inc atau Samsung Electronics Co.

Dua perusahaan itu menghabiskan lebih banyak biaya iklan dibanding Google, serta menawarkan opsi harga lebih beragam dan distribusi yang luas.

Google pun saat ini bergerak untuk mengejar ketertinggalan, dikutip dari Reuters, Rabu 8 Mei 2019.

BACA JUGA: Ulasan, Ponsel Canggih Samsung Fold Bermasalah pada Layar 

Pixel 3a kini dibanderol dengan harga USD 399, dibandingkan dengan Pixel 3 berharga USD 799, selama tiga tahun terakhir.

Ponsel dengan versi lebih murah ini akan memiliki satu kamera di depan, dan tanpa opsi isi baterai nirkabel, kata Google. Ponsel akan dijual di 13 negara, seperti halnya Pixel 3.

Jika Pixel 3 kini berjalan menggunakan jaringan T-Mobile, Sprint dan jaringan seluler Amerika Serikat, jaringan yang sama juga akan mulai menjual Pixel 3a sejak Rabu, bersama dengan Verizon.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk ekspansi”, kata Mario Queiroz, wakil presiden Google, pekan lalu. “Masuk ke pasar secara awal, lebih baik dilakukan dengan fokus,namun kami telah siap untuk melakukannya dengan lebih luas,”.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A 80 Andalkan Kamera Putar

Ia mengatakan jika pengiklanan untuk Pixel 3a akan menjadi kampanye lanjutan dari Pixel 3.

Queiroz, menolak berkomentar atas margin keuntungan dari model baru, yang menggunakan fitur lawas seperti headphone menggunakan kabel.

“Ini bukanlah tentang teknologi yang paling baru. Pertaruhan kami adalah pada kemampuan software yang lebih baik dibanding kompetitor,”.

Pixel 3a diumumkan pada Selasa, di panggung utama konferensi tahunan Google untuk mitra industri dan panggung untuk produk barunya, Google I/O.

BACA JUGA: Baru Seminggu Dibentuk, Google Bubarkan Komite Etik AI

Analis teknologi mengatakan jika ponsel dengan harga menengah, yang telah menjadi rumor selama beberapa pekan, menempatkan Google sebagai pendatang baru yang serius di industri gawai telekomunikasi.

Gawai Pixel versi awal telah banyak mendapatkan ulasan atas kemampuan kamera dan kecerdasan buatan, yang mengalahkan iPhone atau Samsung dan ponsel lain yang menggunakan OS Android Google.

Namun mitra Android melihat ancaman kecil mengikuti turunnya permintaan ponsel pada produk di kisaran harga USD 500.

Bulan lalu, Google melaporkan penurunan penjualan Pixel di kuartal pertama tahun ini, dibandingkan tahun lalu, akibat meningkatnya kompetisi dan penurunan permintaan pada pasar atas.

BACA JUGA: RIP, Google+ Resmi Dimatikan

“Hingga saat ini, Pixel lebih seperti hobi dibandingkan bisnis,” kata Ben Wood, kepala penelitian CCS insight.

Pixel 3a dan Pixel 3a XL, dengan layar 0,4 inci lebih lebar, yang dijual mulai dari USD 479, bisa memusingkan mitra Android, kata analis.

“ini seperti berjalan di atas tali,” kaya Wayne Lam, analis IHS Markit. “Kamu tak ingin membuat kesal para pemegang lisensimu tapi kamu juga harus mengejar sumber uang,” katanya.

Baca Juga

loading...