Changi Singapore Airport Dinobatkan Bandara Terbaik Dunia

Rochman Arief

Minggu, 31 Maret 2019 - 13:05

JATIMNET.COM, Singapura – Bandara Changi Singapura dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia yang diberikan Skytrax World Airport Award tahun ini. Selain itu, penghargaan tersebut merupakan yang kesepuluh dalam 20 tahun terakhir atau ketujuh kali dalam sepuluh tahun terakhir.

Selain dinobatkan sebagai bandara terbaik, Changi juga menyabet bandara terbaik untuk fasilitas rekreasi. Ini adalah rumah bagi seluncuran bandara tertinggi, bioskop 24 jam gratis, kolam renang di puncak gedung dan taman kupu-kupu.

Adapun pengembangan bandara ini telah menelan biaya 951 juta euro (Rp 17,7 triliun) yang diberi nama Jewel. Bandara anyar ini dilengkapi dengan air terjun buatan tertinggi di dunia dan hutan buatan di dalam bandara.

BACA JUGA: Singapura Ciptakan Hutan dan Air Terjun Indoor Terbesar

“Changi dipilih sebagai bandara terbaik dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Ini merupakan capaian luar biasa. Penghargaan ini terus menggarisbawahi bahwa popularitas bandara dengan penerbangan internasional terbesar,” kata CEO Skytrax, Edward Plaisted, seperti dikutip Dailymail.com, 28 Maret 2019.

Dia menambahkan Bandara Changi fokus meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam bandara sekaligus berinovasi dengan menyajikan fitur produk dan layanan baru. Bandara Jewel Changi direncanakan dibuka April 2019 untuk melengkapi dimensi pelanggannya.

Selain Changi, terdapat enam bandara asal Asia yang mendominasi sepuluh besar penghargaan bandara terbaik versi Skytrax. Peringkat kedua Tokyo International Airport, Haneda (Jepang), peringkat ketiga Incheon International Airport (Korea Selatan), peringkat keempat Hamad International Airport, Doha (Qatar), dan Hong Kong International Airport.

Di posisi keenam Central Japan International Airport, Chubu (Jepang) dan peringkat ke sembilan Narita International Airport, Narita (Jepang). Sementara tiga bandara non Asia yang masuk sepuluh besar adalah Munich Airport (Jerman) di peringkat tujuh, London Heathrow Airport (Inggris) di peringkat delapan, disusul Zurich (Swiss) peringkat sepuluh.

BACA JUGA: Mengintip Jerohan London City Airport

Di mana posisi bandara terbaik Indonesia? Skytrax menempatkan Bandara Soekarno Hatta (Jakarta) di urutan ke-40. Sedikit lebih baik dibanding Bangkok Suvarnabhumi (peringkat 46) dan Kuala Lumpur (peringkat 54).

Penghargaan tahunan, tahun ini diadakan di Passenger Terminal Expo di London. Penilaian berdasrakan survei kepuasan pelanggan dengan melibatkan 13,5 juta penumpang dan 550 bandara terbaik di seluruh dunia.

Skytrax juga menempatkan Terminal 5 London Heathrow sebagai Terminal Terbaik, Tokyo Haneda (Jepang) sebagai Bandara Terbersih, Bandara Kansai (Jepang) untuk Penanganan Bagasi Terbaik, adapun London Heathrow sebagai Pusat Perbelanjaan Bandara Terbaik, Crowne Plaza Changi Airport (Singapura) sebagai Hotel Airport Terbaik, dan Hong Kong sebagai Bandara Terbaik untuk Makan Malam.

Baca Juga

loading...