Berkas Gus Nur, Pendakwah Palu Dilimpahkan ke PN Surabaya

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 26 April 2019 - 16:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur telah melimpahkan berkas kasus Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, pendakwah asal Kota Palu, Sulawesi Tengah ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu 24 April 2019 lalu. Jaksa pun telah menyusun dakwaan untuk tersangka kasus ujaran kebencian ini.

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jatim Asep Mariyono mengatakan jaksa penuntut dari Kejari Surabaya dan Kejati Jatim yang melimpahkan berkas kasus tersebut. "Kami tinggal menunggu penetapan jadwal sidangnya saja," jelasnya, Jumat 26 April 2019.

Asep mengatakan ada empat jaksa yang akan mengawal di persidangan kasus itu, antawa lain Novan Arianto dan Darmawati. "Karena memang kasus ini gabungan, jadi ada empat orang jaksa yang menangani," katanya.

BACA JUGA: Kejari Surabaya Fokus Pembuatan Surat Dakwaan Gus Nur

Kejaksaan tidak memperlakukan tersangka secara khusus selama menjalani persidangan. Tersangka juga tidak ditahan karena pasal yang dikenakan tidak memungkinkan untuk menahannya. "Kurang lebih sama dengan kasus Ahmad Dhani, karena pasal yang dikenakan tidak memungkinan untuk menahan tersangkanya," katanya.

Terkait pengamanan selama persidangan berlangsung, kata Asep, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda. Hal ini untuk mengantisipasi kehadiran pendukung Gus Nur di persidangan.

BACA JUGA: Berkas Gus Nur Masih Dipelajari Kejari

"Pasti kami sudah kordinasi dengan Polda Jatim untuk mengamankan Pengadilan saja," bebernya.

Seperti diberitakan, berawal dari laporan ke Polda Jatim terkait lontaran ujaran kebencian yang diduga dilakukan Sugi Nur Raharja alias Gus Nur. Ia dilaporkan telah menghina ormas Nahdhatul Ulama (NU) dan Banser melalui video berdurasi 26 detik yang diunggah di media sosial.

Gus Nur dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 45 ayat 3 Undang-undang Nomor 19 tahun tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Baca Juga

loading...