Tiga Muncikari Vanessa Angel Hirup Udara Bebas Usai Terima Remisi

M. Khaesar Januar Utomo

Kamis, 6 Juni 2019 - 07:03

JATIMNET.COM, Surabaya – Tiga muncikari Vanessa Angel bisa menghirup udara bebas. Ketiganya mendapat remisi dari pemerintah berkaitan dengan hari raya Idul Fitri 1440 H.

Endang Suhartini alias Siska, Tentri Novanta dan Intan Permatasari Winindya langsung bersyukur bisa berlebaran di kampungnya. Itu setelah ketiganya mendapat remisi dari pemerintah dan langsung berkemas dari balik jeruji besi Rutan Klas 1 Surabaya.

Turunnya remisi bebas itu diantar kuasa hukumnya selepas menjalankan Salat Id di Rutan Klas 1 Surabaya. Usai bebas itu, Tentri Novanta mengatakan jika kebebasan tersebut menjadi berkah baginya.

BACA JUGA: 5.896 Penghuni Lapas Se-Jatim Terima Remisi Idul Fitri

“Kebebasan ini menandakan jika saya tidak terbukti menjalankan muncikari,” kata Tentri, Rabu 5 Juni 2019.

Sementara itu, Endang Suhartini alias Siska mengungkapkan rasa syukurnya setelah mendapat remisi bebas. Dia berencana berlebaran bersama keluarganya di Jakarta.

“Saya bersyukur bisa bebas. Saya mengucapkan terima kasih kepada tim kuasa hukum, yang sudah memperjuangkan kasus ini,” Endang menceritakan kepada awak media.

BACA JUGA: 5.896 Penghuni Lapas Se-Jatim Dapat Remisi Idul Fitri

Sebelumnya, tiga mucikari kasus prostitusi yang menjerat artis Vanessa Angel telah divonis lima bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu, 29 Mei 2019. Selain hukuman badan, ketiganya juga dihukum denda Rp 5 juta subsider satu bulan.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Jatim yang menuntut ketiganya dengan tujuh bulan penjara. Namun dengan turunnya remisi dari pemerintah, membuat ketiganya menghirup udara bebas.

Sebelumnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah memberi remisi kepada 5.896 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di seluruh Jatim. Remisi yang diberikan paling rendah satu bulan dan paling banyak dua bulan. Namun ketiga muncikari ini masuk kategori remisi khusus bersama 83 WBP dan langsung bebas.

Baca Juga

loading...