Tetap Konsumsi Buah, Cara Jaga Asupan Gizi Pasca Puasa

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 8 Juni 2019 - 09:54

JATIMNET.COM, Surabaya – Beragam menu makanan maupun penganan khas Lebaran pasti sangat menggoda, namun kita tetap dianjurkan menyantap sesuai dengan kebutuhan tubuh agar tetap sehat.

Menu-menu makanan yang khas biasanya mengandung minyak dan bersantan, seperti opor dan rendang, kemudian penganan bermentega seperti cookies dan nastar. Sajian minumannya pun demikian, cenderung manis seperti teh botol, es marjan, es buah, dan teh kemasan.

Namun, yang perlu diingat adalah Anda harus mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi, tetap tidak boleh berlebihan.

BACA JUGA: Makanan ini Menyehatkan dan Memperpanjang Usia

Salah satu ahli gizi yang bertugas di RS Dr Soewandi Arif Kresna Setiadi menyampaikan, makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari pasca puasa selama satu bulan adalah buah-buahan.

“Ini agar gula darah dan lemak dalam tubuh bisa lebih baik,” kata Kresna saat diwawancarai melalui telepon, Jumat 7 Juni 2019.

Menurutnya, puasa selama 14 jam setiap hari dalam sebulan merupakan salah satu cara terapi detox alami terbaik. Pasca puasa, kata Kresna, kondisi tubuh manusia dalam kondisi terbaik untuk siap beraktivitas selama 11 bulan ke depan.

BACA JUGA: Tips Memilih Kurma Segar dan Berkualitas

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya tetap menjaga kondisi tubuhnya dengan mengonsumsi buah dan membatasi makanan yang berlemak tinggi.

"Ya dibatasi untuk memakan rendang, nastar, dan sejenisnya. Itu lapar mata, bukan lapar perut," kata dia.

Ia menyampaikan, setidaknya tubuh membutuhkan asupan serat buah sebanyak 25 gram dalam sehari. Ada beberapa pilihan tipe buah yang akan dikonsumsi, lanjut Kresna, misalnya memilih buah yang mengenyangkan, menyegarkan, kaya lemak, atau kaya antioksidan.

BACA JUGA: Ini Sayur dan Buah untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa jenis buah yang mengenyangkan bisa pilih pisang atau pepaya. Buah yang menyegarkan ada semangka,  apel, atau pear. Jenis buah yang kaya antioksidan anda bisa pilih buah naga. Untuk buah yang kaya lemak sehat anda bisa pilih alpukat.

"Buah-buahan tersebut sudah mengandung vitamin dan mineral juga," kata dia.

Selain mengonsumsi buah, kata dia, tubuh juga memerlukan sayuran saat pagi, siang dan juga sore. Sedangkan untuk mengonsumsi makanan yang berminyak, maupun berlemak, harus dibatasi, yakni cukup dua kali dalam sehari.

Baca Juga

loading...