Ini Sayur dan Buah untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Minggu, 5 Mei 2019 - 14:16

JATIMNET.COM, Surabaya – Tekanan darah tinggi bisa sulit dikenali karena gejalanya jarang terlihat. Tetapi jika tidak ditangani, kondisinya dapat menyebabkan masalah serius.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arteri menebal dan mengeras. Pada gilirannya dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Gejala tekanan darah tinggi dapat dicegah atau dikurangi dengan makan secara sehat.

National Health Service (NHS) melalui Express.co.uk, 2 Mei 2019 merekomendasikan untuk mengurangi garam yang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ini lima sayur dan buah yang bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Foto: My Recipes

Miso

Makanan ini terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Sebab miso adalah makanan yang difermentasi, yang terbukti dalam penelitian memiliki dampak positif pada tekanan darah.

Makanan fermentasi kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan guna menjaga kesehatan usus. Makan yang mengandung probiotik dapat memiliki dampak positif pada tekanan darah tinggi.

Para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan peningkatan efek yang memakan banyak spesies bakteri probiotik. Mengonsumsi makanan probiotik secara teratur selama lebih dari delapan minggu, dan makan setidaknya 100 miliar unit pembentuk koloni sehari.

Thought Catalog/ Unsplash.com

Semangka

Buah ini mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang diyakini membantu mengelola tekanan darah tinggi. Citrulline membantu tubuh memproduksi nitric oxide, yang merupakan gas, yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas.

Kedua perubahan ini dapat membantu aliran darah dan menyebabkan penurunan tekanan darah tinggi. Berdasarkan studi yang menunjukkan bagaimana ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah pada orang dewasa gemuk dengan prehipertensi atau hipertensi ringan.

Tekanan darah partisipan ditemukan berkurang di pergelangan kaki dan arteri brakialis-arteri utama di lengan atas.

Akar bit

Dalam sebuah studi 2015, para peneliti menemukan minum jus bit merah dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Penelitian itu dilakukan kepada penderita dengan minum satu cangkir jus setiap hari selama empat minggu.

Efek positif juga dicatat dalam 24 jam setelah mengonsumsi jus. Peserta yang minum satu cangkir jus bit setiap hari mengalami penurunan tekanan darah rata-rata sekitar 8/4 milimeter air raksa (mm Hg).

Bagi sejumlah orang, perubahan ini membawa tekanan darah mereka dalam kisaran normal. Para peneliti menyarankan bit nitrat anorganik tingkat tinggi menyebabkan penurunan tekanan darah.

Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tingkat yang bahkan sedikit meningkat, menurut sebuah penelitian. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah sedikit tinggi.

Hasilnya menunjukkan bahwa makan tiga kiwi sehari selama delapan minggu  sanggup menurunkan tekanan darah cukup signifikan. Itu jika dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode waktu yang sama. Para peneliti menyimpulkan zat bioaktif dalam kiwi menyebabkan pengurangan.

Bourbon and Honey

Kacang-kacangan

Lentil atau kacang-kacangan adalah bahan pokok dalam banyak diet di seluruh dunia, sekaligus merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik untuk vegetarian dan vegan.

Pada 2014, para peneliti yang mempelajari efek diet kaya pulsa pada tikus, dengan menemukan penurunan kadar tekanan darah serta kolesterol.

Sebanyak 30 persen dari makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, termasuk kacang-kacangan, kacang polong, lentil dan bunciscukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga

loading...