Target Investasi di Surabaya Mencapai Rp 41,58 trilliun

Baehaqi Almutoif

Jumat, 11 Januari 2019 - 19:15

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mematok target investasi yang masuk selama 2019 sebesar Rp 43,65 trilliun. Target itu lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya Rp 41,58 trilliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Nanis Chairani mengatakan, target tersebut bertambah 5 persen dibanding tahun 2018. “Kami yakin angka itu bisa terus tumbuh,” ujar Nanis, Jumat 11 Januari 2019.

Optimisme pertumbuhan lebih dari target dilandasi capaian tahun lalu yang mencapai Rp 57,37 trilliun. Jika mengacu pada angka itu, tentunya target yang dipatok tahun ini bisa dilampau.

BACA JUGA: Kenaikan UMK Tidak Pengaruhi Investasi Di Surabaya

Sepanjang 2018, lanjutnya, investasi masih didominasi sektor non fasilitas atau jenis investasi yang tidak membutuhkan impor. Nilainya mencapai Rp 56,5 trilliun. Sektor ini didominasi bidang pedagangan yang melingkupi perdagangan skala mikro, kecil, dan menengah.

Disusul jasa konstruksi, pembangunan apartemen, hotel dan pelaksanaan konstruksi perkantoran. “Lalu ada juga transportasi darat yang juga menyumbang investasi di Surabaya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Jawa Timur Masih Menarik Bagi Investor

Sedangkan untuk penanam modal asing yang berinvestasi di kota pahlawan Rp 0,71 trilliun. Kemudian untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN), kata Nanis adalah yang paling rendah hanya Rp 0,14 trilliun.

"Artinya kita tidak bergantung pada penanam modal asing. Tetapi dari dalam Surabaya sendiri sudah banyak investasi,” bebernya.

Baca Juga

loading...