Semarak Lampion Meriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar

Yosibio

Sabtu, 1 Juni 2019 - 07:25

JATIMNET.COM, Blitar – Pemerintah Kota Blitar setiap tahun selalu menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Peringatan di kota Sang Proklamator Ir Soekarno dikebumikan ini dipusatkan di Alun-Alun Kota Blitar, Jumat 31 Mei 2019.

Acara dimulai sekitar pukul 21.30 WIB dengan beberapa rangkaian seperti upacara budaya, kirab gunungan tumpeng hasil bumi, dan festival lampion yang menjadi puncak peringatan.

BACA JUGA: Lodaya Anjlok, Malabar dan Kahuripan Blitar Terlambat 7,5 Jam

Grebeg Pancasila diawali dengan acara kirab Bedhol Pusaka pada sore harinya dengan mengarak benda pusaka berupa bendera merah putih, teks Pancasila, dan teks pidato pertama Bung Karno. Kirab ini dimulai dari rumah dinas Wali Kota Blitar di Jalan Sudanco Supriyadi menuju ke Kantor Wali Kota Blitar di Jalan Merdeka.

Usai upacara Grebeg Pancasila di Alun-Alun Kota Blitar, seluruh peserta mengikuti kirab gunungan tumpeng dan festival lampion.

Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan beragam bentuk lampion yang bertemakan Pancasila atau berbentuk Burung Garuda. Selain itu, beberapa peserta juga menampilkan lampion berbentuk maskot Kota Blitar sebagai penghasil ikan koi dan buah belimbing.

BACA JUGA: Avengers Jadi Tema Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Blitar

"Peserta festival lampion ada sekitar 70 kelompok," kata Ketua Panitia Grebeg Pancasila, Tri Iman Prasetyono, Jumat 31 Mei 2019 malam.

Menurut Iman, acara Grebeg Pancasila ini sudah menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Blitar dan bisa menarik kunjunga wisatawan dari luar kota.

"Kami juga mengundang kepala daerah lain. Wali Kota Malang juga hadir dalam acara ini," ujarnya.

Plt Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, Grebeg Pancasila ini sebagai agenda rutin untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Menurutnya, Kota Blitar telah berhasil memperjuangkan peringatan hari lahirnya Pancasila ini untuk diperingati sebagai hari libur nasional.

BACA JUGA: Kabupaten Blitar Tiga Kali Raih Opini WTP dari BPK

"Kami telah berjuang, agar 1 Juni diperingati sebagai hari libur nasional. Akhirnya pada 2016, Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila," kata Santoso.

Santoso berharap dengan peringatan ini masyarakat semakin menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat dapat hidup rukun dalam kebhinnekaan dan keberagaman.

Baca Juga

loading...