Avengers Jadi Tema Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Blitar

Yosibio

Reporter

Yosibio

Rabu, 29 Mei 2019 - 17:17

JATIMNET.COM, Blitar - Beberapa tokoh Film Avengers Endgame tampak berjaga di pos pengamanan arus mudik yang berdiri mentereng di pinggir ruas jalan nasional di wilayah Kesamben dan Kademangan, Blitar, Rabu 29 Mei 2019.

Spider Man dan Iron Man yang berdiri di atap pos tampak seperti sedang menabuh bedug, sementara Kapten Amerika berdiri menantang di bawah pohon di depan bangunan pos yang terbuat dari papan kayu ini.

Satu Iron Man lainnya membawa ketupat dan bersarung berdiri persis di sisi pintu masuk posko yang didirikan oleh Polres Blitar ini. Mereka bukan makhluk nyata. Namun, hanya sebuah foam yang digambar dan dibentuk menjadi sejumlah tokoh dalam Film Avengers Endgame yang menjadi Box Office itu.

POS MUDIK. Gambar sejumlah tokoh Avengers yang mengenakan songkok dan hijab di dinding dalam posko mudik yang didirikan Polres Blitar. Foto: Yosibio

BACA JUGA: Polres Malang Kota Siapkan Rekayasa Lalin Antisipasi Kemacetan

Mereka menjadi tema utama bangunan berukuran 4x12 meter ini. Karena momentumnya adalah mudik lebaran, maka para tokoh super hero fiksi ini tampil ala umat muslim, lengkap dengan hijab dan kopiah.

Di Kesamben, pos pengamanan ini telah difungsikan untuk pengamanan arus mudik. Di tempat ini, sejumlah petugas standby melakukan pengamanan mulai dari petugas gabungan Polres Blitar, TNI AD, Dishub, serta instansi terkait dan elemen masyarakat lainnya. Tema ini dipilih oleh Polres Blitar karena tengah booming di masyarakat Indonesia.

Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim menjelaskan, pos Avenger merupakan terobosan polisi untuk menarik perhatian para pemudik.

SWAFOTO. Pos pengamanan bertema Avengers buatan Polres Blitar menjadi sasaran swafoto warga, Rabu 29 Mei 2019. Foto: Yosibio

Pendirian pos pantau ini atas dasar instruksi Polda Jatim melalui telegram yang meminta seluruh Polres jajaran untuk berkreasi dalam membangun pos pengamanan maupun pos pantau, selama arus mudik lebaran 1440 H.

"Avenger adalah beberapa super hero yang menjadi satu. Sama dengan kami, Polri tidak bisa sendiri. Harus bersatu dengan super hero yang lain seperti TNI, Pramuka dan Super hero yang lainnya untuk mengatasi setiap permasalahan," ujar Amirul Hakim kepada wartawan Rabu 29 Mei 2019.

Alumni Akademi Polisi 2008 ini meminta para pemudik yang melintas di sepanjang jalur Blitar-Malang, tak ragu mampir ke pos pengamanan maupun pos pantau.

POS MUDIK. Pos pengamanan mudik lebaran bertema Avengers yang didirikan Polres Blitar, Rabu 29 Mei 2019. Foto: Yosibio

Selain pos pam ini, ada 11 pos pantau tersebar di wilayah hukum Polres Blitar yang merupakan jalur mudik lebaran. "Kami siapkan pelayanan bagi para pemudik. Jadi silahkan bagi yang ingin beristirahat, mau minum atau rehat kami layani," ungkapnya.

BACA JUGA: Pelindo III Prediksi Ratusan Ribu Pemudik Menumpang Kapal

Keberadaan pos bertema Avengers ini tak urung menjadi sasaran swafoto bagi para pengguna jalan yang melintas. Sejak difungsikan hari ini, warga di sekitar bergantian mandatangi pos untuk sekadar berswafoto melalui smartphone mereka.

"Kreatif sekali ya. Sesuai dengan tema Ramadan dan Idul Fitri, Avengers-nya pakai hijab dan songkok," kata Dinar Enggarsasi seorang warga lokal.

Baca Juga

loading...