Lodaya Anjlok, Malabar dan Kahuripan Blitar Terlambat 7,5 Jam

Dua kereta terlambat selama 7,5 jam.
Yosibio

Kamis, 30 Mei 2019 - 16:01

JATIMNET.COM, Blitar - Anjloknya Kereta Api (KA) Lodaya tambahan di Lebakjero-Nagreg, Bandung, Jawa Barat, menyebabkan kedatangan dua kereta api dari Bandung di Stasiun Blitar, terlambat sekitar 7,5 jam.

Dua KA itu antara lain, KA Malabar tujuan Malang, dan KA Kahuripan tujuan Blitar.

KA Malabar yang seharusnya tiba di Stasiun Blitar pukul 05.30 WIB, diperkirakan tiba di Stasiun Blitar sekitar pukul 13.00 WIB.

Sedangkan, KA Kahuripan yang dijadwalkan tiba di Stasiun Blitar pukul 08.31 WIB, diperkirakan baru datang di Stasiun Blitar sekitar pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA: Gerbong Kereta Luxury 2 Siap Beroperasi Jelang Lebaran

"Ada dua kereta api yang mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Blitar dampak anjloknya KA Lodaya. Keduanya kereta dari Bandung, yaitu, Malabar dan Kahuripan," kata Kepala Stasiun Blitar, Yana Hadiyana kepada wartawan di Stasiun Blitar Kamis 30 Mei 2019.

Keterlambatan ini hanya menimpa jadwal kedatangan dua kereta api saja, karena jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Blitar ke arah sebaliknya, tetap tepat waktu.

Keberangkatan KA Kahuripan pada pukul 12.10 WIB, tetap berangkat sesuai jadwal. PT KAI menggunakan rangkaian KA Brantas Lebaran, untuk mengangkut penumpang KA Kahuripan yang berangkat dari Stasiun Blitar.

Kereta ini mengangkut pemudik dari Blitar tujuan di Jawa Tengah serta Jawa Barat.

BACA JUGA: Lebaran, Kereta Api Daop 8 Operasikan Kereta Tambahan

"Kami gunakan gerbong Kereta Brantas lebaran yang sudah standby di Blitar,  karena kalau menunggu kedatangan KA Kahuripan, keberangkatan kereta dari Stasiun Blitar akan ikut terlambat," imbuh mantan kepala stasiun Sawah Besar Jakarta ini.

Sementara, untuk rangkaian KA Kahuripan yang terlambat tiba di Blitar, digunakan untuk KA Brantas lebaran.

"Nanti rangkaian KA Kahuripan yang datang akan dipakai untuk KA Brantas Lebaran," pungkas Yana.

Kabar terlambatnya kedatangan kereta di Blitar ini sempat membuat panik penumpang yang akan mudik ke Jawa Tengah. Mereka khawatir, jika kereta yang akan ditumpangi ikut terlambat.

BACA JUGA: Pemohon SIM di Blitar Naik Tajam Jelang Libur Lebaran

Setelah menunggu sejak satu jam sebelumnya, ternyata jadwal keberangkatan Brantas lebaran sesuai jadwal.

"Alhamdulilah, berangkat sesuai jadwal, saya sudah pesen tiket sejak tiga bulan lalu, kalo ikut terlambat waduh gimana nanti, "ujar bu siti, warga Purworejo saat ditemui di ruang tunggu stasiun.

Untuk keterlambatan jadwal kedatangan KA Malabar, seorang penumpang yang tiba di Stasiun Blitar, mengaku mendapat kompensasi dari PT KAI.

"Untuk yang membatalkan keberangkatan mendapatkan kompensasi penuh, sementara yang ikut terlambat mendapat kompensasi buka dan sahur, " ujar Andik, penumpang asal Lodoyo Kabupaten Blitar, saat turun dari kereta Malabar.

Baca Juga

loading...