Sambut Ramadan dan Lebaran, Jatim Siapkan "Amunisi" Operasi Pasar

Baehaqi Almutoif

Rabu, 1 Mei 2019 - 12:26

JATIMNET.COM, Sidoarjo - Kepala Kantor Perwakilan Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Timur Muhammad Hasyim memastikan stok sejumlah komoditas masih terjaga hingga lebaran 2019.

Jumlah stok beberapa komoditas seperti beras masih cukup melimpah di gudang Bulog Divre Jawa Timur yakni 601 ribu ton. Sedangkan stok gula tercatat sebanyak 6 ribu ton.

"Kemudian untuk minyak ada stok di kami 21 ribu liter, dan tepung terigu 20 ton," ujar Hasyim saat ditemui usai sidak ke Pasar Wadungasri Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu 1 Mei 2019.

BACA JUGA: Bawang Putih Impor Masuk Jatim Pekan Pertama Ramadan

Hasyim memastikan seluruh stok di gudang Bulog Divre Jawa Timur siap digelontorkan untuk operasi pasar mulai besok, Kamis 2 Mei 2019. Bulog akan memulai OP dari Surabaya Utara dan akan dilakukan sepanjang Ramadan hingga lebaran.

"Yang jelas Bulog akan operasi pasar seluruh komoditi yang ada. Seperti beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu," tuturnya.

BACA JUGA: Redam Kenaikan Harga Bawang Putih, Jatim Gelar Operasi Pasar

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan operasi pasar tetap dilakukan secara dinamis. Tim dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), serta Bulog harus terus membuat laporan terkini kondisi harga di lapangan.

"Stok, mudah-mudahan tidak ada pelaku penimbunan di Jatim. Mari kita bersama memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat saat permintaan tinggi," kata Khofifah.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur terkait kemungkinan adanya pihak yang menimbun bahan pokok. Rapat koordinasi ini akan terus dilakukan secara maraton hingga lebaran 2019.

Baca Juga

loading...