Lima Ide Kreatif Olah Sisa Makanan Lebaran

Hari Istiawan

Sabtu, 8 Juni 2019 - 12:55

JATIMNET.COM, Surabaya – Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sudah terlewat tiga hari. Aneka menu makanan hidangan di hari raya kemungkinan masih berlimpah karena tidak habis dimakan semuanya.

Rasa begah dan bosan mengonsumsi makanan dengan menu yang sama biasanya membuat nafsu makan berkurang. Nah, ada baiknya simak lima ide kreatif mengolah makanan sisa lebaran di bawah ini, daripada dibuang mending diolah jadi menu baru yang tak kalah nikmat.

1. Olah sisa rendang jadi daging goreng

Kalau sudah bosan dua hari makan menu daging rendang, coba Anda olah menjadi daging goreng yang lezat. Selain mudah mengolahnya, irisan daging yang tipis dan lembut serta sudah berbumbu ini bakal semakin nikmat jika digoreng sedikit kering. Rasanya mirip seperti empal goreng.

BACA JUGA: Begini Membuat Sambal Pelengkap Ketupat

2. Olah bumbu rendang jadi nasi goreng

Setelah mengolah dagingnya, bumbu rendang sebaiknya diolah juga. Caranya dengan menumis bumbu rendang hingga berbau harum. Kemudian masukkan nasi putih dan juga telur atau isian yang disukai. Jadi deh nasi goreng spesial dengan bumbu rendang.

3. Opor ayam jadi Ayam gireng

Menu khas lebaran lainny adalah opor ayam. Jika sudah bosan dengan makanan ini, bisa diolah kembali menjadi ayam goreng. Caranya, cukup menggoreng sisa ayam opor sampai kering. Jadilah ayakm goreng yang siap disantap dengan nasi hangat. Catatan, sebelum menggorengnya, pastikan ayam opor sudah ditiriskan dari sisa kuah santannya.

BACA JUGA: 10.000 Bakcang dan Lamang Baluo Pecahkan Rekor MURI di Padang

4. Ayam bakar opor

Sisa opor ayam juga bisa diolah menjadi ayam bakar. Ayam yang sudah diresapi bumbu opor menambah lezat olahan ini. Caranya cukup diambil ayam opor kemudian dibakar di tempat pembakaran hingga matang.

5. Balado telur opor

Salah satu isian menu opor ayam biasanya ada telur rebus. Jika masih sisa, bisa diolah kembali menjadi menu lain seperti balado telur.

Caranya, bersihkan terlebih dulu telur rebus dari sisa kuah opor, lalu bikinlah sambal balado. Setelah menumis sambal balado, Anda hanya tinggal mencampur telur tersebut ke dalam tumisan sambal balado. Mudah bukan?..

Silakan dicoba.....

Baca Juga

loading...