Begini Membuat Sambal Pelengkap Ketupat

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 8 Juni 2019 - 08:49

JATIMNET.COM, Surabaya – Sudahkah menyiapkan menu menyambut Lebaran Ketupat atau kupatan? Opor, rendang atau menu lainnya tidak akan sempurna tanpa sambal.

Pada kesempatan ini, Chef Hotel Novotel, Teuku Muhammad Kelana berbagi resep  membuat sambal yang lezat untuk melengkapi kupatan.

Bahan yang perlu disiapkan meliputi bawang merah lima siung, cabai merah sepuluh siung, cabai rawit merah lima siung, terasi 1/2  sendok teh, tomat sebiji, dan daun salam satu lembar. Jika tidak suka pedas, jumlah cabai bisa disesuaikan.

BACA JUGA: Cara Membuat Ketupat yang Lezat

“Upayakan terasinya dibakar sampai matang, agar menghasilkan aroma yang lebih harum dan lezat,” kata Kelana kepada Jatimnet.com, Jumat 7 Juni 2019.

Setelah bahan lengkap, cuci bersih dahulu semua bahan, kecuali terasi. Kemudian semua bahan, kecuali terasi dan daun salam, diblender atau diulek menggunakan cobek. Alangkah baik jika menggunakan blender agar sambal bisa lembut dan merata.

Selanjutnya tumis sambal dengan minyak goreng secukupnya. Untuk memasak sambal, gunakan api kecil agar tidak terlalu matang. “Di sela memasak, masukkan terasi yang sudah lembut ke dalam sambal,” Kelana menambahkan.

BACA JUGA: Ketupat, Menu Khas Lebaran hingga Penolak Bahaya Gaib

Setelah memasukkan terasi ke dalam sambal, baiknya memblender ulang sambal agar hasilnya lebih merah dan lembut tekstur sambalnya. Setelah itu, tumis lagi sambalnya, kemudian masukkan selembar daun salam untuk memberikan aroma wangi.

Kelana menyampaikan, selama proses menumis, masukan gula pasir dan garam sesuai selera. Jika suka sambal yang manis, lebih baik diberi satu sendok makan gula pasir.

“Bila menyukai petai, bisa ditambahkan ketika memasak sambal,” kata dia. Dia menambahkan untuk memasak petai, bisa dimasukkan setelah memasukkan gula dan garam.

Baca Juga

loading...