Cara Membuat Ketupat yang Lezat

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 7 Juni 2019 - 09:58

JATIMNET.COM, Surabaya – Hari Raya Idul Fitri 1440 H akan segera berlalu. Sepekan lagi akan tiba kupatan atau Lebaran Ketupat. Tidak banyak yang tahu cara membuat ketupat yang lezat, lembut, empuk, dan enak.

Kali ini, Chef Muhammad Kelana dari Ibis Hotel akan berbagi resep cara membuat ketupat yang lezat. Langkah awal siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat ketupat, yakni beras dan janur atau daun kelapa muda.

“Daunnya kan pasti menggunakan janur muda, itu sangat elastis. Maka gunakan daun yang warnanya hijau kekuningan,” kata Chef Kelana kepada Jatimnet.com, Kamis 6 Juni 2019.

Rendam Beras Selama 24 Jam

Siapkan beras yang bagus untuk diproses. Langkah pertama, cuci dan rendam beras yang akan dibuat ketupat selama satu hari. Dengan merendam beras selama satu hari penuh akan menghasilkan tekstur yang lebih lunak ketika direbus.

BACA JUGA: Ketupat, Kuliner Lebaran yang Nikmat

Beras yang akan digunakan dianjurkan direndam selama 24 jam. “Misal direndam pukul 06.00 WIB, keesokan harinya pada pukul 06.00 WIB airnya bisa dibuang, dan berasnya bisa dimasukkan ke dalam ketupat,” kata dia.

Isilah Ketupat Seperempat Beras

Masukkan seperempat beras ke dalam cetakan ketupat. Tujuannya agar ketupat yang akan dimasak tidak keras dan tidak memadati cetakan ketupat.

Direbus, Jangan Dikukus

Kebanyak ketupat itu dikukus. Dengan mengukus, menurutnya, tidak bisa menghasilkan ketupat yang sesuai. Merebus ketupat, hasilnya akan lebih maksimal, mengembang merata, dan membentuk cetakan.

Jangan lupa nyalakan api ukuran yang sangat kecil. “Memang lama, bisa tiga sampai empat jam. Tapi hasilnya akan bagus, ketupatnya akan lebih empuk dan lembut,” kata dia.

BACA JUGA: Ketupat, Menu Khas Lebaran hingga Penolak Bahaya Gaib

Gantung Ketupat dan Hindari Sinar Matahari

Setelah matang, gantung ketupat di tempat yang tidak lembab dan bebas sinar matahari. Tujuannya agar ketupat mengering secara alami.

Ketupat yang sudah kering jangan dimasukkan ke dalam lemari es. Menurutnya, ketupat bisa tahan sampai empat hari dan tidak akan basi.

Selanjutnya, siapkan menu lain seperti opor, rendang, sambal, sayur labu, telur rebus, irisan tahu dan tempe, kemudian petai. Hidangan siap disantap.

Baca Juga

loading...