JATIMNET.COM, Probolinggo – Aksi komplotan lanjut usia (lansia) pencuri emas di Probolinggo didorong oleh kebutuhan membeli obat. Hal itu terungkap pada pemeriksaan di Mapolresta Probolinggo, Rabu 13 Maret 2019.

Tersangka bernama Rusli bin Utuh, Warga Mertoyudan, Kabupaten Magelang mengaku, emas curian dari Toko Walet di Jalan Panglima Sudirman akan digunakan untuk membeli obat sakit gula.

“Rencananya saya akan pakai buat beli obat nantinya Pak, selain itu juga untuk biaya hidup,” ungkapnya di Mapolresta Probolinggo, Rabu 13 Maret 2019.

Rusli mencuri emas bersama beberapa lansia lain pada Senin 11 Maret 2019.

BACA JUGA: Pencuri Emas Lansia Beraksi di Probolinggo

Awalnya komplotan pencuri berusia di atas 50 tahun itu mencarter mobil dari Magelang, Jawa Tengah menuju Bali. Selama perjalanan, para tersangka mencari toko emas yang akan menjadi sasarannya.

Tiba di lokasi sasaran, tersangka masuk secara bergantian untuk mengelabui para penjaga toko dan seakan-akan mereka tak saling kenal.

Kemudian salah seorang pelaku akan meminta koleksi emas dan berpura-pura menawarnya ketika semua komplotan telah berada di dalam toko.

Sementara di saat yang sama, tersangka lainnya juga meminta penjaga toko menunjukkan koleksi emas yang lain.

BACA JUGA: Pria Probolinggo Ini Punya Nama Hari Libur

Sehingga kondisi itu membuat pejaga toko kebingungan dan tidak fokus.

Di saat itulah seorang tersangka lain memanfaatkan situasi dengan mengambil emas yang ditaksir dengan dimasukkan kedalam kantong pakaiannya.

Tersangka yang berhasil menggondol emas, langsung kabur diikuti para rekannya. Namun demikian, seluruh tersangka kabur dengan cara berpencar guna mengelabui penjaga toko.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menyebut para tersangka merupakan sindikat pencurian emas.

BACA JUGA: Puluhan Nasabah Laporkan Ketua Koperasi di Probolinggo

Dari pemeriksaan anggotanya, para tersangka diduga pernah beraksi di salah satu kota di Jawa Timur.

“Para tersangka mengaku hanya baru sekali mencuri, Tapi kami akan tetap telusuri aksi mereka, termasuk apakah ada tidaknya otak lain, di balik aksi para Lansia ini,” tegasnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP (Ancaman 7 Tahun) SUBS Pasal 378 KUHP (Ancaman 4 Tahun) SUBS Pasal 372 KUHP (Ancaman 4 Tahun).

Sebagai informasi, komplotan pencuri emas berusia lanjut (lansia) ditangkap warga saat melancarkan aksinya di sebuah toko emas di Jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo. Mereka mencuri dengan berpura-pura menjadi pembeli.

BACA JUGA: Polisi Probolinggo Amankan Pasangan Selingkuh dari Amuk Massa

Para pelaku yang ditangkap yakni Artasia asal Banjarmasin dan Nur Asma, Sumiyati, Sulaisah, Rasli asal Magelang, Jawa Tengah.