Jember Sediakan Bus Mudik dan Balik Lebaran Gratis

Pendaftaran dibuka hingga 9 Juni 2019.
Dyah Ayu Pitaloka

Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:17

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kabupaten Jember membuka pendaftaran mudik dan balik gratis, sejak 1 Mei hingga 9 Juni 2019. Pemkab menyediakan 10 bus angkutan yang siap mengantar ke beberapa daerah, dengan gratis.

"Tahun ini diirencanakan ada sepuluh armada bus yang akan membantu masyarakat Jember untuk mudik dan balik secara gratis pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah," kata Kepala Dinas Perhubungan Jember Hadi Mulyono di Jember, Jumat 24 Mei 2019.

Pembiayaan lima dari 10 bus tersebut berasal dari APBD Jember, dan sisanya berasal dari APBD Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Rute yang disediakan meliputi Jakarta-Jember dan Jember-Madura untuk program mudik gratis, sedangkan angkutan balik meliputi rute Jember-Surabaya dan Jember-Yogyakarta.

BACA JUGA: TNI dan Polri di Jember Gelar Patroli

"Untuk mudik gratis dari Jakarta ke Jember sudah penuh karena kami menyiapkan dua bus sebanyak 88 kursi yang akan diberangkatkan dari Serpong, Tangerang," ujarnya.

Rute mudik Jakarta -Jember akan berangkat pada 1 Juni 2019 dari Terminal Rawamangun dan akan sampai di Kabupaten Jember pada 2 Juni 2019 yang akan diterima secara simbolis oleh pejabat Pemkab Jember di alun-alun Jember.

Sedangkan, mudik gratis dari Jember ke Madura akan diberangkatkan di alun-alun Jember, pada 2 Juni 2019.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program mudik dan balik gratis tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga warga Jember dapat menghemat biaya untuk pulang ke kampung halamannya secara gratis saat Lebaran," katanya.

BACA JUGA: Jemaah Pesantren Mahfilud Duror Jember Mulai Berpuasa Minggu Besok

Ia menjelaskan, program mudik dan balik gratis tersebut cukup mudah untuk dinikmati masyakarat.

Caranya cukup datang ke Dinas Perhubungan di Jalan Dewi Sartika Nomor 02 Jember setiap hari kerja yakni Senin-Jumat, atau mendaftar dalam jaringan (daring) di mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

"Persyaratan yang dibawa saat mendaftar program tersebut cukup fotokopi KTP (domisili Jember) dan kartu keluarga (KK) serta nomor telepon, serta tidak ada batasan jumlah keluarga yang ikut maupun berat barang yang dibawa," ujarnya. (ant)

Baca Juga

loading...