Jemaah Pesantren Mahfilud Duror Jember Mulai Berpuasa Minggu Besok

Hari Istiawan

Sabtu, 4 Mei 2019 - 23:30

JATIMNET.COM, Jember - Jemaah Pesantren Mahfilud Duror, Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, akan memulai ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah, Minggu 5 Mei 2019.

"Kami melaksanakan ibadah salat tarawih malam ini, sehingga besok (Minggu 5 Mei 2019) mulai menjalankan ibadah puasa," kata Pengasuh Pesantren Mahfiludluror KH Ali Wafa, Sabtu 4 Mei 2019.

Menurutnya, kebiasaan berpuasa mendahului penetapan pemerintah sudah biasa dilaksanakan karena pesantren yang berada di perbatasan Kabupaten Jember-Bondowoso itu menetapkan awal puasa berdasarkan kitab Nuzhatul Majalis wa Muntakhab an-Nafais, sejak tahun 1826.

BACA JUGA: Haedar Nashir Imbau Medsos Juga Ikut “Berpuasa”

"Penetapan awal puasa tersebut berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi (dari bahasa Arab artinya lima), yang didasarkan kitab Nuzhatul Majalis karangan Syekh Abdurrahman ash-Shafury asy-Syafi’i," tuturnya.

Ia menjelaskan sistem penghitungan khumasi dilakukan dengan menentukan awal puasa tahun ini dengan cara menghitung lima hari dari hari pertama puasa pada tahun sebelumnya.

"Awal Ramadan tahun lalu jatuh pada Selasa, sehingga tahun ini awal puasa dihitung lima hari setelah Selasa yakni Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu ditentukan sebagai awal Ramadan tahun ini," katanya menjelaskan.

BACA JUGA: Ini Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat

Ali Wafa mengatakan, motode tersebut sudah dipakai sejak pondok pesantren itu berdiri tahun 1826 sehingga pelaksanaanya juga sudah dilakukan selama ratusan tahun yang diikuti oleh santri dan alumni santri pesantren tersebut.

"Santri dan semua alumni pesantren yang kini tersebar di berbagai daerah yang berjumlah ribuan orang itu juga masih mengikuti pedoman menjalankan ibadah puasa berdasarkan hitungan khumasi yang mengacu pada kitab karangan Syekh Abdurrahman ash-Shafury asy-Syafi’i," katanya.

Tidak hanya santri, lanjut dia, warga di sekitar lingkungan pesantren baik yang tinggal di Jember dan Bondowoso juga mengikuti ajaran tersebut dengan sukarela secara turun temurun.

BACA JUGA: Jemaah Tarekat Naqshabandiyah di Padang Salat Tarawih Jumat Malam

"Kami juga sudah bisa menetapkan awal Ramadan tahun 2020 karena dihitung lima hari setelah hari pertama puasa tahun ini (Minggu), sehingga Ramadan tahun depan jatuh pada hari Jumat," ujarnya.

Ia mengatakan, perbedaan menetapkan awal puasa di Pesantren Mahfilud Duror tersebut juga dihargai umat Islam lainnya dan tidak pernah memicu konflik karena hal itu berdasarkan keyakinan masing-masing.

Sementara itu, Kementerian Agama menjadwalkan sidang isbat (penetapan) awal memasuki bulan Ramadan 1440 Hijriah pada 5 Mei 2019. Sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa tahun 1440 Hijriah pada 6 Mei 2019.(ant)

Baca Juga

loading...