JATIMNET.COM, Surabaya - Foto pre-wedding (prewed) sudah jadi tren yang biasa dilakukan calon pengantin, tak terkecuali di Surabaya. Aneka konsep prewed banyak ditawarkan wedding organizer (WO).

Sebelum foto prewed, ada baiknya membuat konsepnya lebih dahulu. Baru kemudian berdiskusi dengan WO untuk menentukan lokasi yang cocok dengan konsep dan kedua calon pengantin.

Foto prewed bisa dilakukan di outdoor ataupun indoor. Di Surabaya, banyak spot yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewed. Ada lima titik outdoor yang bisa jadi lokasi foto prewed. Mulai dari yang berbayar hingga gratis.

1. Kenjeran

BACA JUGA: Ini Lima Lokasi Rehat Pinggir Pantai di Kota Surabaya

Di lokasi ini banyak spot yang bisa di-eksplore dan disesuaikan dengan konsep yang diinginkan calon pengantin. Salah satu lokasinya adalah Pagoda Tian Ti.

Pasangan yang ingin foto prewed dengan latar belakang matahari terbenam juga bisa memanfatkan Pantai Kenjeran Lama. Hanya saja untuk berfoto di Kenjeran, calon pengantin harus merogoh kantongnya mulai Rp 150 ribuan.

2. Hutan Bambu Keputih

Tempat ini menjadi hitb selama beberapa tahun terakhir karena mirip dengan Hutan Bambu Sagano di Jepang. Selain jadi lokasi yang instagrammable, Hutan Bambu Keputih yang berada di bekas tempat pembuangan akhir (TPA), juga jadi salah satu pilihan untuk melakukan foto prewed. Di dekatnya, juga ada Taman Sakura yang bisa menambah variasi lokasi foto prewed. Untuk berfoto disini tidak dipungut biaya.

3. Jalan Gula

BACA JUGA: Ini Lima Warung Rujak Cingur Legendaris di Surabaya

Bagi pasangan yang ingin foto prewed dengan mengusung konsep vintage maka Jalan Gula, yang tengah naik daun. Lokasi ini bisa dikatakan sebagai tempat sejuta umat.

Lokasinya berada di kawasan Bongkaran, Pabean Cantian. Jalan Gula sebenarnya sebuah gang sempit sepanjang 50 meter. Tapi banyak bangunan tua di sana yang bisa mendukung konsep vintage. Tak perlu merogoh uang untuk bisa berfoto disini. Cukup membayar parkir saja.

4. Dipo Sidotopo

Sebenarnya ini adalah bengkel bagi kereta api yang rusak. Yang menarik, di sini banyak gerbong dan lokomotif yang tidak lagi terpakai. Tumpukan gerbong dan lokomotif inilah yang menjadi lokasi foto yang artistik, tidak terkecuali untuk pre wedding.

Perlu diketahui, areal di sini tidak dibuka untuk umum. Tapi seiring dengan naiknya kepopuleran Stasiun Sidotopo, maka banyak orang yang berkunjung ke sini untuk berfoto-foto. Meski tidak dipungut biaya, disarankan untuk meminta izin kepada pihak pengelola.

5. House of Sampoerna

Selain jadi museum, House of Sampoerna juga jadi salah satu pilihan untuk foto prewed. Banyak koleksi-koleksi lawas nan antik yang bisa membuat foto di lokasi ini jadi lebih artistik. Tapi untuk melakukan foto prewed di sini, calon pengantin harus merogoh Rp 500 ribu. Usai berfoto, pasangan yang foto prewed bisa menikmati makan di resto yang ada.

Pemotretan di HOS dibatasi di 2 sesi yaitu sesi pagi jam 09.00 – 12.00 WIB sedangkan sesi sorenya jam 15.00 – 18.00 WIB.

Sebenarnya banyak spot lain yang bisa dipilih. Seperti Kebun Bibit Surabaya, Taman Mangrove, sekitar Jembatan Suramadu, Jalan Tunjungan atau bahkan taman-taman yang dimiliki Pemkot Surabaya. Tinggal sesuaikan dengan konsep yang diinginkan.