Ini Lima Warung Rujak Cingur Legendaris di Surabaya

Nani Mashita

Selasa, 2 April 2019 - 09:50

JATIMNET.COM, Surabaya - Rujak cingur jadi salah satu kuliner khas Kota Surabaya. Salad ala Surabaya ini bisa menjadi santapan siang yang mak nyus.

Cingur merujuk pada irisan bagian mulut sapi yang direbus. Adapun isi rujak ini terdiri dari belimbing, bengkuang, timun, timun krai dan nanas segar dipadu dengan sayuran kangkung dan tauge.

Menu ini dilengkapi dengan irisan tahu,tempe plus cingur. Terakhir, disiram dengan bumbu petis yang menggoda selera.

Di Surabaya, ada banyak tempat yang menjual kuliner ini. Tapi yang paling favorit dikunjungi pemburu kuliner ada di di lima tempat ini.

1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Kedai Rujak ini berada di Jalan Ahmad Jais No.40 Peneleh Genteng. Kedai ini merupakan salah satu warung legendaris Surabaya yang wajib dikunjungi. Satu porsi Rujak Cingur di tempat ini dihargai Rp 65 ribu.

Meski harganya menguras kantong, warung ini selalu ramai dan laris manis. Karena porsi cingurnya juga sangat banyak. Kedai ini buka mulai jam 10 pagi dan tutup pukul 17.00 WIB. Khusus untuk akhir pekan, kedai baru buka jam 11 siang dan tutup jam 17.00 WIB.

BACA JUGA: Festival Rujak Ulek Bakal Meriahkan Surabaya

2. Rujak Cingur Joko Dolog

Warung ini berada di kawasan Jalan Taman Apsari. Rujak cingur di kawasan ini sungguh menggoyang lidah dan membuat pelanggannya tak bisa berpaling hati. Yang suka rujak cingur dan ingin menikmatinya dalam jumlah porsi yang melimpah, warung ini bisa jadi pilihan. 

Buka mulai jam 10 pagi hingga pukul 16.00 WIB, warung Joko Dolog selalu diserbu pembeli sehingga cepat habis.

3. Rujak Cingur Delta

Rujak cingur tidak hanya jadi kuliner pinggir jalan, tapi sudah naik kelas ke mal-mal. Salah satunya adalah Rujak Cingur Delta.

Rujak ini disukai para pelanggannya karena porsinya dianggap pas serta punya ciri khas mie kuning.

Selain menawarkan rujak cingur, tempat makan ini juga punya menu rujak lain seperti rujak gobet dan lontong mie. 

4. Rujak Cingur Genteng Durasim

BACA JUGA: Ayam Goreng "Lombok Idjo" Menginvasi Pasar Kuliner Surabaya

Ini juga salah satu tempat makan rujak cingur legendaris Surabaya. Rujak ini konon sudah buka sejak 1942. Rasanya yang otentik menjadikan rujak cingur Genteng Durasim tetap disukai.

Salah satu yang jadi andalan adalah bumbu petisnya yang khas dan mantap. Harganya juga jauh lebih ramah di kantong. Selain itu, cobek yang dipakai untuk membuat bumbu rujak sudah berusia 76 tahun.   

5. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

Rujak ini tidak masuk di wilayah Surabaya, melainkan Sedati Sidoarjo. Meski begitu, kedai ini bisa jadi pilihan bagi mereka yang baru saja mendarat di Bandara Internasional Juanda.

Kedai ini jadi legenda dengan perpaduan tujuh jenis petis berkualitas yang bikin momen makan rujak cingur jadi lebih yummy.

Jadi mau makan rujak cingur di mana hari ini?

Baca Juga

loading...