Ini Lima Lokasi Rehat Pinggir Pantai di Kota Surabaya

Nani Mashita

Kamis, 28 Maret 2019 - 16:38

JATIMNET.COM, Surabaya - Menghabiskan waktu untuk bersantai usai aktivitas rutin bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Ada sejumlah lokasi selain kafe atau mall di Surabaya yang bisa dikunjungi untuk melepas penat.

Mulai dari museum, taman hiburan hingga pantai. Ada lima destinasi wisata di Surabaya yang cukup unik karena berada di pinggir pantai. Tak ada salahnya untuk menikmati salah satu di antaranya. Berikut lima desatinasi itu.

1. Surabaya North Quay

Wisata pinggir pantai yang pertama adalah Surabaya North Quay, yang jadi tempat wisata baru. Lokasinya berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya lantai dua dan tiga Terminal Gapura Surya Nusantara.

Lokasinya yang bersandar di kapal mewah menjadikan tempat wisata di Surabaya ini tampak romantis dengan pemandangan laut Surabaya serta bentangan jembatan Suramadu dari kejauhan. Di sini, ada aneka hiburan mulai dari live music, hingga food court.

Tidak ada tiket masuk ke Surabaya North Quay, tapi saat masuk areal pelabuhan harus membayar tiket parkir.

2. Monumen Jalasveva Jayamahe

Bosan dengan wisata kuliner, coba untuk berwisata bahari di Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen ini dibangun menjulang di kawasan Tanjung Perak, tepatnya di kawasan Armatim. Jalasveva Jayamahe adalah motto TNI AL yang berarti "Di Laut Kita Berjaya".

Monumen ini berbentuk seorang perwira TNI Angkatan Laut berseragam lengkap berdiri tegak menatap lautan dengan tangan kanan di pinggang, sedangkan tangan kiri memegang pedang yang ditumpukan ke lantai.

BACA JUGA: Ayam Goreng "Lombok Idjo" Menginvasi Pasar Kuliner Surabaya

Monumen setinggi 30,6 meter ini ingin mengingatkan bahwa Jalesveva Jayamahe ini dibangun sebagai pengingat bahwa sejak dahulu bidang kemaritiman Indonesia sudah berjaya. Selain mengingat kejayaan maritim Indonesia, pengunjung bisa berbelanja berbagai souvernir atribut TNI AL, serta menengok kapal-kapal perang TNI AL.

Terdapat dua akses menuju ke pintu gerbang Armatim. Jalan pertama lewat Jalan Perak Timur menuju Jembatan Petekan, sedangkan akses yang kedua melalui Jalan Sidotopo. Dari kedua jalan ini lokasi Monumen Jalesveva Jayamahe berjarak 3 – 4 km. Tidak ada tiket masuk ke monumen tapi pengunjung harus ijin kepada petugas.

3. Klenteng Sanggar Agung

Sebenarnya, ini adalah tempat peribadatan bagi umat Konghucu namun dibuka untuk publik. Di sini, terdapat patung Dewi Kwan Im tertinggi.

Lokasinya yang terletak di pinggir pantai membuat klenteng ini punya pemandangan indah. Klenteng ini juga dikelilingi hutan bakau. Klentengnya sendiri terlihat menjorok ke laut sehingga jadi spot foto yang menarik.

Selain itu, di sini juga ada patung Four Face Budha yang punya empat wajah dan delapan tangan. Stupa ini mirip dengan Four Face yang ada di Thailand.

Agar kedatangan wisatawan non-Konghucu tidak mengganggu aktivitas peribadatan, semenjak tahun 2015, jalan yang diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak ke halaman tepi pantai diarahkan tidak melewati bagian dalam kelenteng, melainkan melewati ruang pengelola kelenteng di sayap kiri bangunan. Masuk ke areal ini, wisatawan ditarik karcis Rp 10 ribu.

4. Jembatan Suroboyo

Jembatan ini berada di kawasan Pantai Kenjeran dan jadi ikon wisata baru di Surabaya. Jembatan ini menghubungkan antara pantai Ria Kenjeran Baru dengan Pantai Kenjeran Lama.

BACA JUGA: Murah Meriah Berwisata ke Kota Tua Surabaya

Jembatan Kenjeran menjadi salah satu tempat wisata swafoto yang populer di Instagram. Tak sedikit muda mudi Surabaya yang berswafoto ria terutama menjelang senja. Keunikannya karena terdapat air terjun menari berwarna-warni.

Selain itu, pemandangan di jembatan ini juga cukup indah dengan kampung yang dicat berwarna-warni serta Jembatan Kenjeran di kejauhan.

Jembatan mulai dibuka pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB, dari Senin sampai Jumat, dan pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB untuk Sabtu dan Minggu.

5. Kenjeran

Ini adalah nama pantai yang ada di Surabaya. Untuk kawasan wisatanya, dibagi menjadi dua yaitu Kenjeran Lama dan Kenjeran Park (Ken Park). Di Kenjeran Lama, wisatawan bisa merasakan suasana pantai atau sekedar berleha-leha di pagoda yang menjorok ke tengah pantai. Di sini juga banyak permainan untuk anak-anak.

Adapun di Ken Park, suasananya dibangun lebih modern. Yang terbaru adalah wahana Atlantis Land yang diresmikan di lokasi ini. Di sini terdapat beragam wahana seperti waterpark bisa ditemukan.

Baca Juga

loading...