Berburu Sunset Saat Lebaran di Pantai Duta Probolinggo

Zulkiflie

Minggu, 9 Juni 2019 - 22:27

JATIMNET.COM, Probolinggo - H+4 lebaran atau empat hari usai Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, animo pengunjung yang berlibur di Pantai Duta di Kabupaten Probolinggo meningkat.

Ramainya wisatawan, didominasi pengunjung asal luar daerah. Mereka menyempatkan berwisata, sebelum melanjutkan perjalanan balik, guna menjalankan rutinitasnya seperti biasa.

Karmila (32), pengunjung asal Banyuwangi yang hendak balik ke Jakarta, sengaja berkunjung ke Pantai Duta bersama anak dan suaminya. Ia memilih pantai itu, guna menghilangkan rasa penat selama perjalanan.

"Sebenarnya kesini untuk refreshing, buat ngilangin capek selama perjalanan balik ke Jakarta. Disini tempatnya rindang, dengan hijaunya pepohonan bikin badan jadi segar lagi,"ungkapnya, Minggu 9 Juni 2019.

BACA JUGA: Olahan Ikan Asap Pantura Probolinggo Diborong Pemudik

Menurut Karmila, beristirahat di Pantai Duta merupakan pilihan yang tepat.

Disamping cocok untuk lokasi liburan, juga menyehatkan badan karena menghirup udara segar di sekeliling Pantai Duta yang ditumbuhi rimbunnya pepohonan Mangrove dan Cemara.

Pantai Duta memang kaya akan hamparan Pepohonan Mangrove dan Cemara. Disamping itu, pasir pantainya yang halus menambah indahnya momen "Sunset" saat sore hari.

Daya tarik itu, membuat obyek wisata ini, cukup digemari para wisatawan yang kebetulan tengah melancong, ke kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur.

Suana senja di Pantai Duta Probolinggo. Foto: Zulkifli

Untuk masuk ke Pantai Duta, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu per orang. Adapun untuk tiket parkir motor sebesar Rp 5 ribu, dan mobil Rp 10 ribu.

Pengelola objek wisata Pantai Randu Tatah, Abdul Aziz mengatakan, sejak usai Perayaan Idul Fitri hingga H+4 lebaran, jumlah pengunjung ke Pantai Duta mencapai sekitar Rp 32 ribu orang.

Mereka dominan berasal dari luar daerah, mulai Malang, Surabaya, Banyuwangi hingga luar Jawa Timur.

Umumnya pengunjung menurut Aziz, datang ke Pantai Duta untuk menikmati cahaya "Sunset" keemasan yang sering terlihat di Pantai setempat.

BACA JUGA: Polres Probolinggo Terjunkan Tim Pengurai Antisipasi Kemacetan H+2

"Yang paling dicari di sini momen "Sunsetnya", karena kata pengunjung yang main kesini, matahari terbenamnya terlihat indah ditambah lautnya yang tenang, jarang ada ombak,"terang Aziz.

Aziz menambahkan, jika beruntung pengunjung bahkan dapat menjumpai kawanan Hiu Tutul yang tengah bermain di lautan Pantai Duta.

Objek wisata Pantai Duta lokasinya berada di Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, atau sekitar 2 kilometer dari Kota Kraksaan.

Dari Kota Kraksaan, pengunjung bisa mencapai tujuan wisata menggunakan motor dan mobil pribadi, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Baca Juga

loading...