Tambah RTH, Risma Targetkan Penurunan Suhu Kota Surabaya

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 17 Mei 2019 - 09:27

JATIMNET.COM, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menambah ruang terbuka hijau (RTH) sebanyak 30 persen pada 2019. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan suhu Kota Surabaya menjadi 22 sampai 20 derajat celcius.    

"Dulu suhu Surabaya mencapai 34-36 derajat celcius, saya bisa menurunkan hingga 32 derajat," kata Risma diwawancarai usai peresmian Taman Harmoni Keputih, Kamis 16 Mei 2019.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Ubah TPA Keputih Jadi Taman Harmoni

RTH itu berupa penambahan beberapa taman serta perawatan tanaman baik yang berada di taman khusus bunga, tanaman perkebunan, taman bermain, dan banyak lagi.

Risma mengungkapkan, Kota Surabaya sudah mempunyai 401 lokasi RTH. Pada 2019, pemkot tengah melakukan pengembangan dan revitalisasi empat taman. "Salah satunya ya Taman Harmoni di Keputih ini. Khusus disini konsepnya bunga-bunga," kata dia.

Dalam membangun ruang terbuka hijau, Risma mengatakan, harus dikonsep secara berbeda-beda. Tujuannya, untuk menarik minat pengunjung mendatangi semua taman yang dibuat oleh pemkot.

BACA JUGA: Surabaya Dapat Aset Bangunan Eks Sekolah Taman Siswa

"Konsepnya berbeda semua. Kan kalau sama orang akan bosen, nah mereka bilang di sana sama kok, ya udah di sana aja," kata wali kota pertama perempuan di Surabaya ini.

Data Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya yang diterima Jatimnet.com menyebutkan, empat taman yang akan direvitalisasi dan dikembangkan pemkot pada 2019 ini meliputi Kawasan Taman Harmoni Jalan Keputih, Kawasan Taman Paliatif Jalan Kesumba, Kawasan Kebun Bibit Wonorejo Jalan Kendalsari, dan Kawasan Taman Ekspresi Jalan Genteng Kali.

Baca Juga

loading...