Suara Caleg Meninggal Asal Jember Bantu Amankan Dua Kursi

Dyah Ayu Pitaloka

Kamis, 25 April 2019 - 12:19

JATIMNET.COM, Surabaya – Miftahul Ulum, Calon Legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Lumajang, Jember, mampu meraup sekitar 20 ribu suara, dalam hasil hitung sementara Pemilu 2019.

Suara yang dikantongi Ulum, masuk menjadi milik Partai Kebangkitan Bangsa. Sebab, petahana anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019 ini, telah meninggal November tahun lalu.

Suaranya pun, membantu partai mengamankan dua kursi dari dapil Lumajang-Jember, di parlemen Provinsi.

“Perhitungan sementara almarhum mendapatkan sekitar 20 ribu suara, itu merata di setiap TPS di Jember dan Lumajang,” kata Ayub Junaidi, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Jember, dihubungi lewat telepon, Kamis 25 April 2019.

BACA JUGA: Rekapitulasi Penghitungan Suara di Jember Hampir Tuntas

Suara Ulum menurutnya tak jauh berbeda dengan 10 caleg PKB lain di DPRD Provinsi. Meskipun Ulum sudah meninggal tahun lalu, sehingga tak ada kampanye yang dilakukan sejak awal tahun.

“Suaranya hampir sama dengan caleg lain, ada beberapa yang dapat 20 ribu, ada pula yang sekitar 10 ribu” kata Ayub.

Laki-laki yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember itu menduga, suara yang didapat almarhum berasal dari pemilih yang merasakan kebaikan Ulum.

Sehingga, meskipun telah meninggal, masih banyak pemilih yang merasa berhutang budi ataupun mengenal almarhum, memberikan suara mereka.

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Jember Kembangkan Bioplastik dari Singkong

Tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019, serta Ketua DPC PKB Kabupaten Jember, almarhum dikenal sebagai politisi yang supel di kalangan nahdliyin .

Selain itu, menurutnya nomor urut 1 yang didapat almarhum juga turut berdampak positif. “Kan almarhum di nomor urut 1, pemilih yang sudah mencoblos presiden 01, ya langsung memilih legislatif nomor 1 juga,” katanya.

Apapun itu, faktanya sekitar 20 ribu suara dari almarhum Cak Ulum, masuk menjadi milik parpol.

Raihan suara sementara, menurut Ayub sudah sesuai dengan target partai dari dapilnya. “Sudah sesuai target, DPRD Provinsi targetnya dua, dan sampai sekarang sudah terpenuhi,” tuturnya.

Baca Juga

loading...