Rekapitulasi Penghitungan Suara di Jember Hampir Tuntas

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Rabu, 24 April 2019 - 22:50

JATIMNET.COM Jember – Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di 31 panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Jember hampir tuntas setelah 26 PPK sudah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara.

“Masih ada lima PPK yang belum selesai, yakni PPK Patrang, Sumbersari, Kaliwates, Puger, dan Jenggawah. Kami perkirakan malam ini sudah selesai," katanya, Rabu 24 April 2019.

Menurutnya seluruh PPK di Jember memulai rekapitulasi penghitungan suara sejak 20-21 April. Namun waktu yang dibutuhkan masing-masing PPK tidak sama untuk melakukan rekapitulasi. Sebab disesuaikan dengan jumlah desa atau kelurahan di masing-masing kecamatan tersebut dan belum lagi ketika ada penghitungan ulang.

BACA JUGA: PSI Raih Tiga Kursi di DPRD Surabaya

“Semakin banyak desa atau kelurahan, maka akan membutuhkan waktu semakin lama untuk melakukan rekapitulasi penghitungan suara. Bahkan ada beberapa PPK melakukan penghitungan ulang untuk TPS tertentu karena perbedaan perolehan suara data C1 hologram tidak sama dengan C1 salinan yang dibawa saksi," tuturnya.

Secara umum, lanjut dia, rekapitulasi penghitungan suara di PPK berjalan lancar dan aman. Namun banyak petugas penyelenggara pemilu yang ambruk pingsan dan sakit karena kelelahan.

“KPU Jember menjadwalkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten melalui rapat pleno terbuka pada Minggu (28 April 2019),” katanya.

BACA JUGA: Dianggap Beratkan Petugas, Pemilu Serentak Perlu Evaluasi

Sementara itu, Ketua PPK Sumbersari Andi Wasis mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK membutuhkan waktu selama lima hari dan rekap dimulai sejak Sabtu 20 April, karena ada tujuh kelurahan di Kecamatan Sumbersari yakni Kelurahan Sumbersari, Wirolegi, Karangrejo, Kranjingan, Kebonsari, Tegalgede, dan Antirogo.

“Rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Sumbersari diprediksi tuntas malam ini dan logistik pemilu akan dikirim kembali ke KPU Jember,” katanya.

Berdasarkan data KPU Jember, ada beberapa PPK yang selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara lebih awal pada Minggu 21 April 2019, yakni PPK Arjasa, PPK Sukowono, PPK Tempurejo, dan PPK Umbulsari. (ant)Reka

Baca Juga

loading...