Santriwati Nurul Jadid Sambut Lebaran dengan Puber

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:38

JATIMNET.COM, Probolinggo – Menyambut hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, ribuan Santriwati yang menimba ilmu di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo mengikuti Puber atau pulang bersama, Selasa 21 Mei 2019.

Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Puber yang dilakukan Ponpes Nurul Jadid, Paiton guna memulangkan para santriwatinya ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan yang diinisiasi pondok pesantren dibantu Bank Negara Indonesia ini mendapatkan respon positif dari santriwati. Hal itu dibuktikan, dengan semakin banyaknya santriwati yang mengikuti Puber.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Banyak Sopir Bus Alami Hipertensi

Sekretaris Ponpes Nurul Jadid, Faizin Samuel menjelaskan adanya pulang bersama santriwati ke kampung halaman bertujuan membangun rasa kebersamaan antar santri di lingkungan Ponpes Nurul Jadid, Paiton.

Faizin menyebut, dalam Puber kali ini jumlah santri yang ikut tergabung sekitar 1.480 orang di mana berasal dari seluruh nusantara. Nantinya mereka diangkut 17 bus dan 48 minibus, untuk diantarkan ke kampung halamannya masing-masing.

“Harapan kami melalui Puber ini, santri lebih terjamin keselamatannya saat di perjalanan pulang. Serta mempermudah wali murid dalam pemulangannya anaknya,” terang Faizin.

Faizin menjelaskan kegiatan pulang bersama sebenarnya merupakan tradisi tahunan santri Nurul Jadid menyambut lebaran, dan sejak dua tahun terakhir mulai dipopulerkan kembali.

BACA JUGA: Tekan Kecelakaan, Polres Probolinggo Ajak Pengemudi Sahur Bersama

Sementara itu, Kepala Cabang BNI Probolinggo, Sri Wijayanti mengatakan pihaknya men-support kegiatan pulang bersama bagi santriwati, sebagai bentuk kepedulian membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah transportasi.

Terpisah salah seorang santriwati, Halia mengaku senang dan terbantu dengan adanya pulang bersama. Meski sudah delapan tahun menjadi santriwati, perempuan asal Bondowoso ini mengaku baru kali ini bisa merasakan pulang bersama teman-temanya.

“Perasaan saya, ya senang, bersyukur juga bisa pulang kampung pastinya. Semoga tahun depan bisa ikut Puber lagi,” ungkap Halia.

Sementara itu, pemulangan ribuan santriwati Ponpes Nurul Jadid ini diberangkatkan dari halaman Universitas Nurul Jadid.

Baca Juga

loading...