Jelang Mudik Lebaran, Banyak Sopir Bus Alami Hipertensi

Zulkiflie
Zulkiflie

Rabu, 15 Mei 2019 - 06:15

JATIMNET.COM, Probolinggo - Petugas gabungan Kepolisian Resor Kota Probolinggo menggelar pemeriksaan kesehatan terhadap para kru bus di Terminal Bayuangga, Selasa 14 Mei 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk menjamin kelancaran arus mudik lebaran.

Pantauan Jatimnet.com, tenaga medis memeriksa satu persatu kru bis mulai dari sopir, kondektur dan kernet. Kondisi yang diperiksa adalah tekanan darah, mata hingga urine.

Dari hasil pemeriksaan, kebanyakan sopir bus mengalami tekanan darah tinggi dengan tekanan darah rata-rata di angka 150 sampai 180. Santoso, salah seorang sopir bus mengapresiasi pemeriksaan kesehatan dan armada oleh polisi.

BACA JUGA: Dinkes Jatim Siapkan 1.584 Faskes Saat Arus Mudik

Dengan pemeriksaan itu, Santoso mengehtahui kondisi kesehatannya. Ia mengaku jarang memeriksakan kesehatannya sendiri. "Bagus ada pemeriksaan begini, saya bisa tahu kesehatan saya, dan bisa lebih waspada saat di jalan," ungkapnya, Selasa 14 Mei 2019.

Selain menggelar pemeriksaan kesehatan, petugas juga mengecek kesiapan tiap armada bus mulai dari lampu, ban, rem, kemudi dan surat-surat kendaraan.

Sementara Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, pemeriksaan kesehatan sopir dan armada bus untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan saat arus mudik.

BACA JUGA: Dishub Jatim Prediksi Arus Mudik Naik 5 Persen

Ia mengimbau kepada sopir untuk tidak memaksakan mengangkut penumpang apabila kondisi kesehatannya kurang fit.

"Saya imbau para sopir menjaga kesehatannya, dan tidak mengkonsumsi minuman keras, serta obat-obatan terlarang. Karena dampaknya membahayakan diri sendiri, juga orang lain," jelas Kapolresta.

Ia juga mengimbau sopir bus tertib berlalu lintas, serta tidak ugal-ugalan di jalan saat mengangkut penumpang guna menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca Juga

loading...