Tekan Kecelakaan, Polres Probolinggo Ajak Pengemudi Sahur Bersama 

Zulkiflie
Zulkiflie

Senin, 13 Mei 2019 - 10:24

JATIMNET.COM, Probolinggo – Polres Probolinggo menggelar patroli sahur bersama untuk menekan terjadinya kecelakaan. Sebab angka kecelakaan di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto menyatakan sasaran utama dalam sahur bersama ini adalah pengemudi yang melintas di depan obyek wisata Pantai Bentar di KM 106, Minggu 12 Mei 2019, mulai pukul 00.00. Menurutnya kawasan tersebut kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Ini adalah patroli sahur pertama di jalur rawan kecelakaan lalu lintas, sekaligus sebagai kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran,” kata AKBP Eddwi Kurniyanto selepas patrol sahur bersama, Senin 13 Mei 2019 dini hari.

BACA JUGA: Polres Probolinggo Bagikan Kopi Gratis untuk Pengemudi di Pantura

Patroli sahur bersama dimulai sejak Minggu malam atau pukul 00.00 WIB hingga memasuki waktu sahur. Sasarannya adalah para pengemudi, yang mobilitasnya selalu aktif pada malam hari.

Selain melakukan pemberhentian, dan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. Dalam patroli sahur bersama ini, petugas juga meminta pengemudi dan penumpang istirahat sejenak di lokasi yang sudah disediakan.

Tak cukup di situ, memasuki waktu sahur para pengemudi yang kebetulan melintas diberikan makanan sahur gratis. Bahkan penumpang bus juga mendapat kesempatan makan sahur bersama.

Melalui patroli sahur, ini diharapkan kesehatan dan fisik pengguna jalan, utamanya para pengemudi bisa kembali bugar dan konsentrasinya membaik.

BACA JUGA: Razia Jelang Ramadan, Satpol PP Probolinggo Amankan PSK

“Lewat patroli sahur ini, kami berharap memberikan manfaat positif bagi para pengemudi. Dengan bersantap sahur serta istirahat sejenak, bisa mengembalikan konsentrasinya,” lanjut Eddwi.

Adanya patroli sahur ini direspon positif salah satu pengemudi bus yang melintas di Jalur Pantura. Agus Wijaya pengemudi bus jurusan Solo – Bali mengaku senang dan amat terbantu dengan adanya patroli sahur. Setidaknya dia  bisa menyegarkan kondisinya yang sempat letih selama perjalanan.

“Adanya sahur bersama petugas ini cukup membantu. Karena bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sambil makan. Bekerja kerap membuat lupa bila sudah di perjalanan,” ungkapnya.

Pada pekan sebelumnya, Sat lantas Polres Probolinggo melakukan ngopi bersama para pengemudi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Minggu 5 Mei 2019. Bagi-bagi kopi tersebut memiliki sasaran antara yang sama. Yakni menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi di jalur pantura.

Baca Juga

loading...