Polda Jatim Ingatkan Aksi Pencurian pada Pembagian Takjil

M. Khaesar Januar Utomo

Kamis, 16 Mei 2019 - 18:18

JATIMNET.COM, Surabaya – Aksi pencurian kendaraan bermotor di bulan Ramadan ini akan terus mengintai. Hal ini membuat Polda Jatim memberikan imbauan kepada masyarakat semaksimal mungkin mengantisipasi aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan dalam beberapa tahun terakhir ini tindak pidana pencurian di bulan Ramadan sudah terjadi. “Utamanya pengendara bermotor yang berburu takjil,” kata Frans Barung Mangera, Kamis, 16 Mei 2019.

Menurutnya, banyak masyarakat kerap meningkalkan kendaraan bermotor saat mencari takjil. Hal ini memberi peluang bagi maling untuk melancarkan aksi pencurian. Ketidakhati-hatian itu dibarengi dengan seringnya kunci motor masih menempel saat mendapatkan takjil.

BACA JUGA: Jatanras Polrestabes Bekuk Maling di Taman Bungkul

“Ketidakwaspadaan ini memudahkan pelaku tindak pidana pencurian untuk mengambil motor,” beber Barung.

Barung menduga tindak pidana pencurian selama Ramadan ini akan meningkat. Dia memperkirakan semakin mendekati hari raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru sekolah, tindak kejahatan akan terus meningkat.

Dalam kesempatan ini, Barung meminta masyarakat untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Setidaknya bisa mengantisipasi segala kemungkinan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor.

BACA JUGA: Pencuri Ini Hanya Memakai Celana Dalam Tiap Beraksi

“Jangan meninggalkan kendaraan di sembarang tempat serta mencabut kunci kendaraan,” Barung memungkasinya.

Sejauh ini tindak pidana pencurian kerap muncul, baik kendaraan bermotor maupun benda lain. Begitu juga dengan pencurian lain, seperti emas dan perhiasan, maupun barang berharga lain.

Baca Juga

loading...