Perketat Pengamanan, Polda Pasang CCTV di Gudang Logistik Pemilu

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 11 Mei 2019 - 18:16

JATIMNET.COM, Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan memastikan pihaknya terus melakukan pengawalan surat suara hingga selesai proses penghitungan di KPU RI, Rabu 22 Mei 2019.

Ia menyebut seluruh gudang logistik Pemilu saat ini terpasang close circuit television (CCTV), yang dapat dipantau di command center Polres maupun Polda.

"Untuk pengamanan, kami tetap lakukan. Karena logistik pemilu masih berada di gudang-gudang. Sampai sekarang kami laporkan, dan gudang yang diamankan ini sudah dipasang CCTV," ujar Luki saat meninjau rekapitulasi penghitungan suara, Sabtu 11 Mei 2019.

BACA JUGA: Rekapitulasi KPU Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 65,7 Persen

Ia mengatakan saat ini personel keamanan yang disiagakan tidak berkurang meski penghitungan suara telah usai di tingkat provinsi. Begitu pun dari TNI yang tetap ikut memberi dukungan pengamanan, sampai selesai seluruh prosesnya tuntas.

Luki mengatakan, jika nantinya ditemukan ada pihak yang ingin mengacaukan proses Pemilu 2019 ada aturan penanganannya. Seluruhnya telah ada protap, dan ia memastikan bahwa akan mengikuti aturan.

" Alhamdulillah, pelaksanaan penghitungan suara di tingkat provinsi kami mendapat laporan telah berakhir tadi malam. Dan sekarang tinggal proses pembacaan," urainya.

BACA JUGA: Memanas, KPU Jatim Skors Rekapitulasi

Sementara dikonfirmasi terkait kondisi politik terkini, Luki menegaskan, Jawa Timur tetap dalam kondisi stabil. Informasi adanya people power yang bergerak 8-10 Mei belum terbukti.

Kendati demikian, kepolisian tetap melakukan kegiatan penebalan personel pengamanan. Terutama di titik-titik yang dirasa rawan, seperti kantor KPUD baik di kabupaten maupun provinsi.

"Semua kami lakukan penebalan dan seluruh peralatan kami keluarkan semuanya. Termasuk antisipasi isu yang berkembang sesuai protap," tuturnya.

Baca Juga

loading...