Pengakuan Muncikari, Artis yang Kerap Tawarkan Diri

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 11 Januari 2019 - 23:30

JATIMNET.COM, Surabaya – Dua orang muncikari prostitusi daring Tentri Novantah (28) dan Endang Sutantri (37) yang ditangkap Kepolisian Daerah Jawa Timur mengaku tak pernah membujuk atau menawarkan artis dan model kepada pria hidung belang.

"Saya tidak akan menawarkan mereka jika mereka tidak minta, jadi mereka yang membutuhkan, saya yang mencarikan," kata Endang di Mapolda Jatim, Jumat 11 Januari 2019.

Sementara Tentri mengaku selama ini dirinya tidak pernah membujuk atau menawarkan sesuatu kepada para artis atau model yang ditawarkannya kepada pelanggan. Dari 45 artis tersebut hampir seluruhnya yang menawarkan diri untuk ditawarkan pria hidung belang. "Mereka sendiri yang menentukan tarifnya," kata Tentri.

BACA JUGA: Dua Mantan Finalis Putri Indonesia Terlibat Prostitusi Daring

Direktur ditreskrimsus Polda Jawa Timur Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, kedua muncikari sudah mengoleksi data-data para artis untuk ditawarkan kepada penyewa.

"Artinya muncikari telah menyiapkan data-data apabila ada permintaan dari penyewa. Munculnya VA ini bukan permintaan penyewa," ucap Yusep.

Polisi juga menilai ada beberapa modus yang dilakukan oleh dua muncikari yang sudah ditangkap. Modus perekrutran artis oleh tersangka Endang dan Tantri ini bervariatif, ada di antaranya yang meminta kepada muncikari. "Namun kebanyakan mereka yang meminta sendiri untuk diperjual belikan oleh pelaku ini," ucapnya.

BACA JUGA: Polda Jatim Buru Dua DPO Muncikari Artis

Penyidik akan memanggil enam orang saksi dalam kasus prostitusi daring ini. Mereka adalah ML, BS, FG, RF, AC dan TP. Enam artis ini diduga kuat terlibat kasus prostitusi daring yang dijalankan Tentri Novantah dan Endang Sutantri.

Dari perkembangan penyidikan, polisi telah memeriksa rekening koran dari salah satu muncikari ES. Hasilnya, transaksi yang mereka lakukan sejak periode 1 Januari 2018 hingga 5 Januari 2019 mencapai Rp2,8 miliar.

Dalam perkara ini, polisi telah menetapkan dua tersangka. Keduanya merupakan muncikari kelas kakap yang dalam pengembangan kasusnya terungkap ada 100 model dan 47 artis yang ditawarkannya. Mereka adalah Endang S dan Tentri N.

Kedua muncikari itu beroperasi lintas wilayah di beberapa tempat yang telah ditentukan. Tidak hanya pelanggan Jakarta maupun Surabaya, namun dari daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.

Baca Juga

loading...