Pelindo III Terapkan Budaya K3 Tenaga Kerja Bongkar Muat

Baehaqi Almutoif

Minggu, 10 Februari 2019 - 07:27

JATIMNET.COM, Surabaya - Pelindo III terus melakukan peningkatan kompetensi tenaga kerja bongkar muat. Sebanyak 500 orang tenaga kerja bongkar muat telah tersertifikasi selama 2018.

HC Services & HSSE Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, kompetensi tenaga kerja bongkar muat sangat penting. Tidak hanya menjaga agar kinerja pelabuhan tetap efisien, tetapi juga menjamin Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Pelabuhan.

"Penting sekali meningkatkan kompetensi tenaga bongkar muat," ujar Edi dalam rilis yang diterima Jatimnet.com, Sabtu 9 Februari 2019.

BACA JUGA: Pelindo III Layani Pasokan Listrik untuk Kapal

Diharapkan tenaga kerja bongkar muat yang sudah tersertifikasi tersebut dapat menularkan kebiasaan bekerja dengan budaya keamanan tinggi. Sehingga mereka menjadi agen perubahan atas keselamatan kerja di lingkungan kerjanya.

"Kemudian nantinya dapat membawa transformasi Pelindo III yang berfokus pada aspek people, process, and technology dapat terus berkelanjutan, berjalan bersama, dan saling mendukung satu sama lain," kata Edi.

Menurutnya, organisasi dengan budaya keselamatan dapat dicirikan melalui komunikasi yang dibangun atas saling percaya. Selain itu juga memiliki persepsi yang sama mengenai pentingnya keselamatan, serta langkah pencegahannya.

BACA JUGA: Kenaikan Peti Kemas Pelindo III Didorong Peningkatan Ekspor

Meski demikian, ia menyebutkan, penerapan budaya K3 harus terintegrasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan misalkan pemerintah dan para stakeholder.

Kemudian, menyiapkan sumber daya yang kompeten untuk mengubah menjadi budaya K3. Kalau semua pihak sudah memiliki persepsi yang sama tentang pentingnya K3, maka semakin banyak penerapannya.

Baca Juga

loading...