Pelajar PAUD dan TK Berkenalan dengan Basarnas Jember

Dyah Ayu Pitaloka
Dyah Ayu Pitaloka

Kamis, 25 April 2019 - 17:49

JATIMNET.COM, Surabaya – 70 siswa PAUD dan TK- As-Salam Jember berkenalan dengan profesi kemanusiaan Search and Rescue (SAR), Kamis 25 April, pagi.

Mereka berkunjung ke kantor Basarnas Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember.

Dalam sesi materi kelas, mereka dikenalkan dengan sejarah singkat berdirinya Basarnas.

Pelajar cilik terlihat antusias, terlebih lagi saat diperlihatkan video dokumenter tentang pelaksanaan tugas SAR, dalam menolong orang di berbagai daerah.

BACA JUGA: Suara Caleg Meninggal Asal Jember Bantu Amankan Dua Kursi

Para murid PAUD dan TK As-Salam semakin semangat saat diajak berkeliling di area Pos SAR Jember.

Oleh tim instruktur, mereka diperkenalkan dengan sejumlah peralatan SAR yang ada di kendaraan rescue car.

"Agar para murid PAUD dan TK As-Salam semakin antusias, tim instruktur pun mengajak mereka bermain flying fox dan diajarkan cara menolong korban musibah di lingkungan perairan, atau yang dikenal dengan istilah water rescue," kata Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.

BERKENALAN. Pelajar cilik dari PAUD dan TK berkenalan dengan perahu dan dayung di Kantor Basarnas Jember

Dalam praktik teknik water rescue ini, para murid PAUD dan TK As-Salam mempraktikkan cara mengevakuasi korban dari air ke atas perahu karet.

Mereka juga mempraktikkan cara mendayung perahu dengan dayung.

"Guna menyadarkan betapa pentingnya faktor keselamatan penolong, dalam praktik kering water rescue ini, para murid PAUD dan TK As-Salam mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa helm dan jaket pelampung," pungkas Asnawi.

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Jember Kembangkan Bioplastik dari Singkong

Untuk melengkapi pengetahuan yang diberikan, Pos SAR Jember menyerahkan sejumlah buku SAR Goes to School untuk tingkat TK kepada guru pendamping PAUD dan TK As-Salam.

Buku SAR Goes to School ini berisikan pengetahuan tentang jenis bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus dan tanah longsor.

Buku juga berisi langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika bencana itu terjadi, misalnya teknik berlindung saat terjadi gempa bumi.

Para instruktur berharap, semoga kelak mereka memiliki keinginan untuk belajar SAR secara lebih mendalam.

BACA JUGA: Diduga Hipotermia, Pendaki Gunung Sumbing Ditemukan Meninggal

"Kelak di masa mendatang, tim Pos SAR Jember juga berharap agar tumbuh jiwa sosial dalam diri mereka, tergerak untuk memberikan pertolongan apabila ada sesama yang membutuhkan bantuan," ujar Asnawi.

Baca Juga

loading...