PDI Perjuangan Buka Peluang Eksternal Partai Ikut Penjaringan Pilwali Surabaya

Baehaqi Almutoif

Rabu, 12 Juni 2019 - 21:39

JATIMNET.COM, Surabaya – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan Bambang Dwi Hartono membuka peluang kader maupun di luar kader untuk maju mencalonkan diri dalam Pilwali Surabaya 2020.

Bambang DH, begitu ia akrab disapa, mempersilahkan semua calon untuk masuk penjaringan.

“Siapapun silahkan, kami terbuka dalam melakukan rekrutmen. Selama ini pilkada 2015, 2017, 2018 selalu muncul calon, baik dari kader internal maupun eksternal,” ujar Bambang DH ditemui di Gedung DPRD Jawa Timur, Rabu 12 Juni 2019.

Politisi kelahiran Pacitan itu menegaskan bahwa semua calon memiliki peluang yang sama untuk diusung maju Pilwali Surabaya 2020. Karena dalam menentukan calon siapa yang terpilih, partainya akan melakukan pemetaan melalui survei.

BACA JUGA: Bappilu PDI Perjuangan Persilahkan DPC Lakukan Sosialisasi Pilkada Serentak

“Di Jatim, katakanlah 2015 lalu Pilkada Trenggalek, itu kan dua-duanya (Emil Dardak-M.Nur Arifin) baru. Bahkan keduanya belum daftar anggota partai, kemudian dipetakan dan survey probability-nya cukup tinggi, walaupun saat itu melawan incumbent,” urainya.

Bambang DH menegaskan peluang calon dari luar partai akan dilakukan lebih selektif. Sebab, beberapa waktu lalu sempat muncul kekhawatiran calon eksternal lupa komitmen membesarkan partai dan mempunyai ideologi kerakyatan.

Karenanya, DPP PDI Perjuangan akan menguji fit and proper test lebih detail. Bisa itu dari komitmen terhadap partai dan kerakyatan, ideologi, serta visi dan misi kebangsaan yang perlu diperdalam.

Sampai saat ini, telah santer muncul beberapa nama yang dikabarkan maju sebagai suksesor Tri Rismaharini di Surabaya.

BACA JUGA: PDI Perjuangan Buka Koalisi Pilwali Surabaya 2020

Sebut saja, Ketua DPC PDI Perjuangan sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, mantan anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno, dan satu calon eksternal Eri Cahyadi.

"Sekali lagi, semuanya terbuka lebar. Kalau kader paling siap, ya banyak,” mantan Wali Kota Surabaya itu menambahkan.

Terlepas dari kader maupun dari luar kader yang akan diusung, DPP PDI Perjuangan mempersilahkan DPC PDI Perjuangan Surabaya untuk mulai melakukan penjaringan mulai September mendatang. Hal itu sudah sesuai aturan partai untuk memulai penjaringan setahun sebelumnya.

Baca Juga

loading...