PDAM Siapkan Jaringan Air di Kelurahan Ujung, Sukolilo

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 4 April 2019 - 15:59

JATIMNET.COM, Surabaya - PDAM Surya Sembada Surabaya akan datangi wilayah yang belum teraliri air PDAM. Pasalnya, terdapat beberapa warga Kelurahan Ujung, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, belum teraliri air PDAM.

“Karena saya mendengar kabar ini saya harus datang ke sana (RT 10, RW 12 Kelurahan Ujung, Surabaya) untuk mempersiapkan jaringan,” kata Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman, saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis 4 April 2019.

Saat ini pihaknya tengah menjalankan paket kebijakan PDAM Surya Sembada yang terakhir. Yakni, seluruh jaringan tersier akan ditanggung oleh PDAM secara gratis. 

Mujiaman mengungkapkan, dengan adanya kebijakan tersebut, harusnya sudah tidak ada lagi orang yang beralasan tidak mendapatkan layanan air dari PDAM. Sebab, setiap jaringan tersier itu, menjadi kewajiban PDAM Surya Sembada. 

BACA JUGA: Pejabat PDAM Surya Sembada Jalani Tahap Dua di Kejaksaan

Agar kebijakan berjalan maksimal, Mujiaman meminta warga Surabaya melapor ke PDAM, jika mengalami masalah dengan air, dan akan langsung dilakukan pengecekan serta tindak lanjut lainnya.

“Kalau warga melapor akan kami atasi, itu kewajiban kami untuk tahu dan jika ada yang terlewatkan, kami selalu menerima laporan,” katanya.

Sementara itu, saat ditemui usai paripurna, Selasa 2 April 2019 lalu, Anggota Komisi C DPRD Surabaya Syaiful Aidy mengatakan, bahwa PDAM punya target pemasangan jaringan 100 persen di seluruh Surabaya.

"Makanya saya bantu memfasilitasi PDAM supaya bisa mengetahui tempat-tempat yang belum ter aliri PDAM," kata anggota dewan yang sebelumnya telah mendatangi warga tak ter aliri air PDAM itu.

BACA JUGA: Pemkab Bangkalan Gerojok PDAM Rp 4,1 M

Menurutnya, jika hal ini  bisa disikapi pihak PDAM, maka program PDAM untuk mencapai jaringan 100 persen akan cepat terealisasi.

"Sekarang ini kan baru 98 persen. Tentunya PDAM harus jemput bola dengan menelusuri perkampungan warga agar tahu mana yang belum ter aliri jaringan PDAM," katanya.

Disamping itu Ketua RT 10, RW 12 Kelurahan Ujung, Surabaya Sumarsono mengungkapkan, terdapat 10 warga yang sudah bertahun-tahun belum ter aliri sambungan air PDAM Surya Sembada.

"Kalau permintaan sudah sering tapi karena jaringan tidak ada, PDAM tidak bisa memasang. Warga diminta mengajukan ke PDAM secara kolektif. Tapi setelah diajukan tetap belum bisa," katanya.

BACA JUGA: Suplai Air Bersih Warga Kawasan Bromo Masih Aman

Perlu diketahui PDAM Surya Sembada memberikan kado untuk Hari Jadi Kota Surabaya dengan menyediakan diskon bagi pemasangan baru air PDAM.

Program baru itu ada tiga, pertama diskon pasang baru sambungan rumah. Awalnya, biaya pasang baru ini sebesar Rp 1.750.000. Dengan program baru ini, maka biayanya disesuaikan dengan besaran daya listrik rumah warga itu.

Khusus untuk rumah warga yang listriknya 450 watt, maka biaya pasang barunya cukup Rp 200 ribu.

Sedangkan, untuk tegangan 900 watt, biaya pasang barunya cukup Rp 300 ribu. Pelanggan 1.300 watt, biaya pasang barunya cukup Rp 600 ribu, dan yang 2.200 watt biaya pasang barunya cukup Rp 1 juta.

Baca Juga

loading...