Suplai Air Bersih Warga Kawasan Bromo Masih Aman

Zulkiflie

Jumat, 29 Maret 2019 - 16:20

JATIMNET.COM, Probolinggo - Suplai air bersih untuk permukiman di kawasan Bromo masih aman kendati abu vulkanik terus mengguyur lebih sepekan terakhir ini. Ada dua kecamatan yang masih terdampak guyuran abu vulkanik yakni Kecamatan Sumber dan Sukapura, Kabupaten Probolinggo

Camat Sukapura Yulius Christian mengatakan ketersediaan air bersih di daerah setempat masih terpantau normal dan tercukupi. Warga masih bisa mendapatkan air bersih, yang diperoleh dari tandon-tandon air yang tersedia.

BACA JUGA: Dinkes Jatim Suplai Obat-obatan untuk Warga Lereng Bromo

"Persediaan air bersih masih aman, hanya saja yang dikhawatirkan pipa-pipa penyalur air bersih rusak tertimpa pohon tumbang," katanya Jumat 29 Maret 2019.

Karena itu, untuk menyiasati hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Probolinggo untuk menyiagakan kendaraan-kendaraan tangki pengangkut air bersih di Kecamatan Sukapura.

Kondisi itu dibenarkan Rahmawati, Warga Desa Ngadirejo. Ia mengatakan ketersediaan air bersih baik untuk mandi, minum dan mencuci masih tercukupi. Warga masih mudah mendapatkan air bersih, dari tandon-tandon yang sudah tersedia di wilayah setempat.

"Syukur air bersih masih ada disini, meski turun abu vulkanik persediaan masih normal," kata Rinawati.

BACA JUGA: Bromo Aman Dikunjungi di Luar Radius Satu Kilometer

Desa Ngadirejo berpenduduk 1.500 warga. Meski ada guyuran abu vulkanik, warga setempat belum melaporkan adanya kekurangan air bersih. Data terkini PVMBG Per 29 Maret 2019 pukul 12.00 WIB, Tinggi asap dari kawah Gunung Bromo berada di angka 50 - 600 meter.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih, dan cokelat dengan intensitas tipis hingga sedang.Tremor menerus 0,5 - 20 mm, dominan 1 mm. Status aktivitas Gunung Bromo masih tetap Waspada (Level II) dengan radius aman satu kilometer dari bibir kawah.

Baca Juga

loading...