Dinkes Jatim Suplai Obat-obatan untuk Warga Lereng Bromo

Zulkiflie

Kamis, 28 Maret 2019 - 15:58

JATIMNET.COM, Probolinggo – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan logistik dan obat-obatan bagi warga terdampak erupsi Gunung Bromo, Kamis 28 Maret 2019.

Bantuan yang diberikan meliputi salep mata, vitamin, dan masker. Ada juga bantuan makanan sehat bagi balita dan ibu hamil.

“Ada sekitar 300 kardus kemasan bantuan yang dibagikan kepada warga lereng Gunung Bromo,” kata Petugas Pusat Krisis Kesehatan Regional Provinsi Jawa Timur Didiek Rachmadi.

BACA JUGA: Warga Lereng Bromo Mulai Terkena ISPA Akibat Abu Vulkanik

Menurut Didiek, pihaknya siap menambah bantuan logistik obat-obatan apabila pemerintah daerah atau BPBD Kabupaten Probolinggo masih membutuhkan.

Pengiriman bantuan ini, kata Didiek, atas instruksi pemerintah provinsi menyusul erupsi Gunung Bromo yang sudah berdampak kepada warga karena paparan abu vulkanik di Kecamatan Sukapura dan Sumber.

Sebagai informasi, aktivitas Gunung Bromo hingga kini masih fluktuatif dan belum menunjukkan tanda-tanda menurun.

BACA JUGA: Wabup Probolinggo Pastikan Bromo Aman Dikunjungi

Berdasarkan data terkini PVMBG, Kamis pukul 12.00 WIB terpantau asap kawah bertekanan lemah berwarna putih, kelabu dan coklat dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal.

Tinggi asap sekitar 50-700 meter di atas puncak kawah. Angin bertiup lemah ke arah utara, barat dan barat laut. Sedangkan gempa tremor terekam dengan amplitudo maksimal 0,5 sampai 10 milimeter, dominan 1 milimeter. Status Gunung Bromo masih waspada atau level II dan jarak aman di luar radius satu kilometer dari bibir kawah Bromo.

 

Baca Juga

loading...