Wabup Probolinggo Pastikan Bromo Aman Dikunjungi

Zulkiflie

Senin, 25 Maret 2019 - 16:58

JATIMNET.COM, Probolinggo - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memantau langsung aktivitas vulkanik Gunung Bromo yang hingga kini masih fluktuatif.

Kunjungan Wabup Timbul juga untuk memastikan Bromo masih aman dikunjungi di luar radius satu kilkometer dari kawah aktif.

Wabup melihat langsung aktivitas kegempaan Gunung Bromo yang terekam melalui alat seismograf Pos Pantau Gunung Api Bromo di Dusun Cemoro Lawang.

BACA JUGA: Bromo Aman Dikunjungi di Luar Radius Satu Kilometer

Berdasarkan data yang terekam 25 Maret 2019 pukul 12.00 WIB, tremor menerus berada di angka 0,5-14 milimeter, dominan 3 milimeter. Sementara secara visual, tinggi asap dari kawah Gunung Bromo berada di angka 400-800 meter di atas puncak kawah aktif.

Orang nomor dua di Kabupaten Probolinggo itu kemudian melanjutkan kunjungannya ke Desa Ngadirejo yang menjadi salah satu daerah terdampak paparan abu vulkanik.

Di desa tersebut, Wabup langsung menemui warga desa setempat guna menggali informasi terkait dampak erupsi Gunung Bromo.

BACA JUGA: Abu Vulkanik Gunung Bromo Guyur Sembilan Desa Suku Tengger

Kepada wartawan, Wabup Timbul mengatakan kebutuhan warga yang paling mendesak berupa terpal untuk melindungi lahan pertanian warga seperti tanaman kentang.

Pasalnya jika sering terkena abu vulkanik dan tak segera diatasi, tanaman pertanian warga akan rusak dan mati.

Usai mengunjungi daerah terdampak, Wabup Timbul akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna membantu memenuhi kebutuhan warga.

Selain itu, Timbul juga memerintahkan tim medis melalui Dinas Kesehatan agar menyiagakan petugasnya di lokasi terdampak abu vulkanik Gunung Bromo untuk meminimalisir warga yang terkena infeksi saluran pernafasan.

Baca Juga

loading...