Operasi Pekat, Polres Ponorogo Musnahkan 900 Liter Arak Jawa

Gayuh Satria Wicaksono

Selasa, 28 Mei 2019 - 13:33

JATIMNET.COM, Ponorogo – Polisi Resor (Polres) Ponorogo, TNI dan gabungan Dinas Perhubungan dan Kesehatan menggelar apel operasi ketupat semeru 2019 di Jalan Alun-Alun Timur Kabupaten Ponorogo. Dalam apel itu juga dilakukan pemusnahan tujuh botol vodka dan 900 liter minuman keras arak jawa.

Terdapat 360 personil disiagakan dalam apel, di antaranya 155 personil dari Polri, 60 dari TNI, dan 145 gabungan antara dinas perhubungan dan kesehatan.

“Jumlah ini menurun 50 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 1.800 liter,” Kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, Selasa 28 Mei 2019.

Penurunan itu menurutnya karena polisi terus melakukan imbauan kemasyarakat terkait ancaman hukuman yang tinggi, baik itu membuat, menjual dan menggunakan.

BACA JUGA: Kejari Ponorogo Musnahkan Ratusan Barang Bukti

900 liter miras ini diperoleh dari sembilan pelaku dan lima di antaranya sebagai penjual.

Selain itu, dalam operasi pekat yang dilakukan oleh polres Ponorogo sejak 14 sampai 26 Mei, diperoleh data 51 kasus kejahatan, di antaranya adalah 18 kasus premanisme, 5 kasus judi, 7 kasus prostitusi, 5 kasus narkoba, 6 kasus petasan, dan 9 kasus miras.

“Untuk kasus miras penjual akan dikenakan UU pangan pasar 204 dengan acaman hukuman 5 tahun penajara, bahkan jika korban meninggal bisa 15 tahun penjara,” terangnya.

Sedangkan, untuk pengaman arus mudik lebaran Polres Ponorogo menyiagakan tujuh pos pengamanan dengan satu pos pelayanan di alun-alun, dan lainnya tersebar di jalur provinsi maupun nasional, yang masuk dan keluar Ponorogo.

BACA JUGA: 65 Tersangka Pelaku Penyakit Masyarakat Ditangkap Polres Lumajang

“Untuk daerah yang rawan kemacetan ada di Jalur Madiun-Ponorogo dan Trenggalek-Ponorogo, dan jika terjadi kemacetan akan kita lakukan pengalihan arus lalu lintas,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...