Kemarau, Paling Asyik Berwisata ke Boon Pring Andeman Malang

Hari Istiawan

Reporter

Hari Istiawan

Rabu, 12 Juni 2019 - 13:58

JATIMNET.COM, Surabaya – Musim kemarau paling asyik berwisata ke tempat yang udaranya sejuk dan menyegarkan. Selain pantai dan air terjun, ada lokasi wisata di kawasan perdesaan Malang yang dikelilingi hutan bambu.

Lokasinya berada di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Malang sekitar 34 kilometer ke arah selatan.

Laman Kemendesa menyatakan, ada 65 jenis bambu di kawasan Wisata Boon Pring yang juga ditetapkan sebagai Museum Bambu. Namanya museum, pasti ada yang menjadi ikon, yakni salah satu jenis bambu yang dinyatakan pundah di dunia ditemukan di sini, yakni pring embong atau pring apus.

BACA JUGA: Berburu Sunset Saat Lebaran di Pantai Duta Probolinggo

Pemanfaatan kebun bambu sebagai Museum Bambu membuat pengelola kawasan wisata, BUMDesa setempat fokus ke paket wisata edukasi, pelestarian sumber mata air dan lokasi penelitian.

Destinasi wisata ini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Kertoraharjo yang dipelopori oleh Kepala Desa Sanankerto, Mohammad Subur.

Pengembangan ekowisata ini dimulai pada 2015. Sebelumnya, desa ini memang sudah ada hutan bambu yang hanya dimanfaatkan sebagai lahan konservasi air untuk keperluan irigasi.

BACA JUGA: Suasana Tenang dan Instagramable, Hutan Bakau Wonorejo Dipadati Pengunjung

Lalu, mereka mulai mengembangkan layanan ekowisata, dimana fungsi konservasi tetap ada, namun masyarakat dapat mendapatkan nilai lebih dari adanya pariwisata. Terdapat sembilan mata air di lahan seluas 36,8 hektare ini sehingga embung tak pernah kering.

Pengunjung bisa menikmati berbagai wahan dengan latar berbagai jenis bambu. Spot-spot untuk berfoto juga sudah banyak dan dijamin instagramable. Air yang jernih dan semilirnya angin membuat betah berlama-lama di sini.

Musik alami yang tercipta dari gesekan bambu yang dimainkan tiupan angin akan menghibur para pengunjung. Tiketnya cukup murah sekitar Rp 5 ribu per orang sudah bisa menikmati suasana hutan bambu.

Baca Juga

loading...