Jelang Lengser, Kaisar Akihito Rayakan Ultah Pernikahan ke-60

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Rabu, 10 April 2019 - 13:20

JATIMNET.COM, Surabaya - Kaisar Jepang, Akihito dan Permaisuri Michiko merayakan ulang tahun berlian pernikahan mereka yang berlangsung selama 60 tahun. Pasangan ini telah membawa modernisasi dalam monarki Jepang.

Kaisar Akihito akan lengser pada 30 April mendatang dan menyerahkan kekuasaannya kepada Pangeran Mahkota, Pangeran Naruhito. "Enam puluh tahun saling mendukung yang gemilang," kata harian Nikkei, dilansir dari reuters.com, Rabu 10 April 2019.

Pernikahan keduanya seperti kisah-kisah dongeng romantis. Kisah cinta keduanya dimulai dari lapangan tenis lalu berakhir dengan pernikahan impian. Michiko jadi rakyat jelata pertama yang menikah dengan pewaris takhta Jepang kuno.

BACA JUGA: Jepang Umumkan Era Kekaisaran Baru "Reiwa"

Michiko, memang bukan benar-benar rakyat miskin. Melainkan putri seorang pengusaha kaya di Jepang. Tapi tradisi Jepang sangat dipegang kuat dan Michiko mendobraknya.

"Untuk mengubah tradisi Jepang sangatlah sulit," kata Kazuo Oda, yang ikut menyaksikan pertemuan keduanya di pertandingan tenis pada Agustus 1957, dua tahun sebelum mereka menikah.

Dalam banyak hal, Michiko melakukan hal yang tidak biasa. Dia membesarkan kedua putra dan putrinya sendiri, bahkan membuat makan siang untuk keduanya. Secara tradisi, anak-anak kerajaan dibesarkan oleh perawat dan pembantu kerajaan.

Dia juga memimpin dalam membantu masyarakat kurang mampu, orang tua, cacat dan korban bencana. Michiko tidak ragu berlutut untuk merangkul atau berbicara dengan rakyat, suatu hal yang mengejutkan kaum konservatif tetapi membuatnya disayangi untuk masyarakat umum.

Tapi hal ini diwarnai dengan berita buruknya kesehatan Michiko, yang oleh komentator disebabkan oleh perlakuan keras oleh anggota istana dan ibu mertuanya.

BACA JUGA: WNI Magang di Jepang Ditusuk Orang Tak Dikenal

"Hidup sebagai putri mahkota dan kemudian permaisuri bukanlah posisi yang mudah bagi saya dengan cara apa pun," katanya dalam sambutannya menjelang ulang tahunnya yang ke-84 Oktober lalu.

Akihito sering mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Michiko dan pada peringatan 50 tahun mereka mengakui bahwa dia tidak selalu cukup perhatian, mengingat latar belakang mereka yang berbeda.

Dalam pesta 60 tahun pernikahan, pasangan kekaisaran menandai ulang tahun mereka dengan serangkaian upacara sederhana termasuk ucapan selamat resmi oleh keluarga dan pejabat dan makan malam di istana kekaisaran.

Baca Juga

loading...