Ini Waktu yang Dibutuhkan Mendapat Vitamin D dari Sinar Matahari

Rochman Arief

Selasa, 11 Juni 2019 - 18:46

JATIMNET.COM, Surabaya – Vitamin D sangat penting mengatur kandungan kalsium dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Tubuh menciptakan vitamin D dari sinar matahari langsung pada kulit, utamanya pada pagi hari.

Apoteker dari LloydsPharmacy, Pareena Patel menyebutkan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang seperti rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa.

Mengekspos kulit dengan sinar UVB sinar matahari dapat membantu mendukung tubuh secara alami menghasilkan vitamin D. seperti dikutip Express.co.uk, Selasa 11 Juni 2019 menyebutkan tubuh hanya butuh waktu 15 menit untuk mendapat paparan sinar matahari.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

“Jika terlalu lama di bawah sinar matahari, risiko yang ditimbulkan juga tinggi. Cukup 15 menit dalam satu hari adalah waktu yang ideal,” kata Pareena Patel.

Dia menyarankan agar menggunakan pelindung atau sun block apabila berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Utamanya adalah pelindung kulit yang mengandung SPF 15 atau lebih.

Perlu juga mengingat apakah SPF tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Apabila kedua kandungan tersebut tidak terpenuhi, risiko penyakit kulit mengancam Anda.

“Radiasi UVB bisa menjadi penyebab kulit terbakar dan terkait dengan beberapa jenis kanker kulit. Sedangkan UVA dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan, bahkan bisa menimbulkan kanker pada kulit,” Pareena Patel menguraikan.

BACA JUGA: Selamatkan Kulit dengan Beetabeauty Skincare

Untuk menambah kandungan vitamin D bisa diimbangi dengan makanan dan suplemen. Vitamin D yang ada pada ikan berminyak, daging merah, hati, kuning telur dan makanan yang diperkaya seperti sereal dalam sarapan.

Sebelumnya Departemen Kesehatan Inggris merekomendasikan bayi yang disusui sejak lahir sampai usia satu tahun diberi suplemen harian yang mengandung 8,5-10 mikrogram vitamin D.

Sementara anak-anak usia satu hingga empat tahun juga harus diberikan suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D. Adapun orang dewasa cukup mengonsumsi suplemen dengan 10 mikrogram per hari.

Baca Juga

loading...