Karen Uhlenbeck menerima penghargaan Abel, setara dengan Nobel.

Ini Perempuan Pertama yang Menerima "Nobel" di Bidang Matematika

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 20 Maret 2019 - 14:30

JATIMNET.COM, Surabaya – Karen Keskulla Uhlenbeck mendapat anugerah Abel, penghargaan di bidang matematika, dari Norwegia.

Profesor matematika dari Universitas Texas di Austin ini, menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan setara dengan Nobel.

Pengumuman itu dikeluarkan oleh Akademi Sains dan Sastra di Oslo, Norwegia, beserta hadiah berupa 7 juta Kroner Norwegia atau setara USD 700 ribu, dilansir dari Fox News, Rabu 20 Maret 2019.

Juri menyebut hasil buah pikir Uhlenbeck dalam bidang analisis geometris dan teori gauge, berhasil mengubah lanskap matematika secara dramatis.

BACA JUGA: Kementerian ESDM Raih Dua Penghargaan dari BPKP

Penghargaan ini juga diberikan juri atas upayanya, mengadvokasi kesetaraan gender di bidang matematika dan sains.

“Saya tidak percaya ini, saya sangat mengapresiasinya,” kata Uhlenbeck dalam pernyataannya di Austin American-Statemen, Selasa 19 Maret 2019.

“Terima kasih tak terhingga kepada lembaga akademi Norwegia serta semua yang telah berkontribusi pada hidup saya sehingga tidak membosankan sampai sekarang. Saya berharap terpilihnya saya di penghargaan ini menunjukkan beragam manusia bisa berkontribusi pada matematika di level yang tertinggi,” katanya.

BACA JUGA: Serukan Pemanasan Global Remaja 16 Tahun Diusulkan Terima Nobel

Presiden Universitas Texas, Austin, Greg Fenves, mengucapkan selamat kepada Uhlenbeck, yang pensiun di tahun 2014 lalu. Video itu diunggah di akun Twitter Universitas Texas @TexasScience.

“Lebih dari tiga dekade Anda membuat Universitas Texas bangga dengan hasil kerja Anda yang gemilang dalam bidang Matematika,” kata Fenves.

“Hari ini kami merayakan dampak dari penelitian Anda, tidak hanya di bidang matematika, tapi juga dampaknya pada generasi pelajar berikutnya, dan ahli matematika di seluruh dunia”.

BACA JUGA: Jaringan Gusdurian Terima Penghargaan Asia Democracy and Human Rights

Ia dijadwalkan menerima penghargaan dari Raja Harald ke V Norwegia, pada 21 Mei 2019.

Saat ini Uhlenbeck menjadi peneliti tamu senior dalam bidang matematika, di Universitas Princeton.

Uhlenbeck lahir di Ohio dan tumbuh di New jersey. Ia lulus dari Universitas Michigan dan menerima gelar Pd.D, dari Universitas Brandeis.

Penghargaan Abel pertama kali diberikan di tahun 2003, untuk mengingat jasa ahli matematika Norwegia abad 19, Niels Henrik Abel.

Baca Juga

loading...