Ikan Asap Pantura Probolinggo Laris Manis Saat Ramadan

Zulkiflie
Zulkiflie

Minggu, 12 Mei 2019 - 18:20

JATIMNET.COM, Probolinggo – Keberkahan bulan puasa Ramadan dirasakan betul oleh sejumlah pedagang ikan asap yang berada di sepanjang jalur Pantura, Dusun Parsean, Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Salah satunya adalah Siti Maimuna (32), pedagang ikan asap yang mengaku dagangannya selalu diserbu pembeli sejak awal Ramadan. Pembeli ikan asap menurutnya meningkat 50 persen.

“Yang paling diminati jenis ikan asap Cakalang yang biasanya diolah dalam bentuk sambelan,” kata Siti Maimuna, Minggu 12 Mei 2019.

Saking larisnya, setiap hari Siti Maimuna mampu membawa pulang uang sekitar Rp 1 juta dari penjualan ikan asap. Padahal di hari biasa maksimal pendapatannya hanya Rp 500 ribu per hari.

BACA JUGA: Ada Temuan Kimia Berbahaya, Dinkes Tulungagung Awasi Jajanan Takjil

Para pembeli yang mampir di pedagang ikan asap tak hanya warga sekitar, tapi juga para pengguna jalan yang sedang melintas di jalur Pantura Probolinggo.

“Kalau Ramadan bukanya mulai siang pukul 14.00-17.00 WIB. Tapi ada juga yang sampai malam,” katanya.

Salah seorang pembeli, Malinda mengungkapkan sengaja membeli ikan asap sebagai menu berbuka puasa karena rasanya yang enak. Ia membeli enam tusuk Ikan Asap Cakalang dan Patin untuk bekal menu sahur.

“Enak sih Mas, makanya beli ikan asap. Selain murah, ikan asap bisa diolah jadi berbagai masakan. Tapi yang paling enak ya’ tetap diolah sambelan,”ungkapnya.

BACA JUGA: Mitos dan Segar Manis Dawet Jabung Ponorogo

Sekadar informasi, di lapak pedagang ikan asap yang berada di Dusun Parsean, tak hanya tersedia ikan asap jenis Cakalang. Ada juga jenis ikan asap lainnya seperti, Ikan Asap Patin, Pari, Marlin, dan Cucut.

Untuk satu tusuk ikan asap, harganya bervariasi mulai Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung jenis ikan dan ukurannya.

Ikan asap merupakan olahan ikan segar yang dimasak dengan cara diasapi. Ikan asap bisa dikatakan matang, jika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan.

Teknik pengasapan sendiri merupakan salah satu cara memasak ikan khas warga Pendalungan Probolinggo.

 

Baca Juga

loading...