JATIMNET.COM, London – Sepak bola Inggris berduka. Gordon Banks kiper legendaris yang menjadi pahlawan dalam Piala Dunia 1966 itu tutup usia pada Senin 11 Februari 2019 waktu setempat.  

Laporan Daily Mail, Selasa 12 Februari 2019 menyebutkan Banks meninggal dalam usia 81 tahun setelah melawan kanker yang cukup panjang.

Banks dalam perjalanan karirnya bersinar saat memperkuat Leicester City dan Stoke. Pada usia senjanya, dia beberapa kali melakukan perawatan, termasuk kemoterapi.

Stoke City dalam keterangan resminya menyatakan terpukul mendengar kabar duka tersebut. Banks selama ini telah dianggap sebagai keluarga. Sejumlah rekannya terlihat memberi penghormatan terakhir di kediamannya, Madeley.

BACA JUGA: Pemilik Leicester City Dipastikan Tewas

“Kami terpukul dan merasa kehilangan. Banyak kenangan indah yang kami miliki bersamanya, dan tidak bisa lebih bangga padanya,” bunyi pernyataan resmi Stoke, seperti diwartakan Daily Mail.

Banks adalah pahlawan Inggris saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966. Kehebatannya dalam menjaga gawang dikenang hingga sekarang. Inggris yang didapuk sebagai tuan rumah mampu menyisihkan Jerman (Barat) 4-2 di partai puncak dalam turnamen terakbar se jagat itu.

Dia menjadi tulang punggung The Union Jack, bersama Alf Ramsey, Jack Carlton, Bobby Charlton, Geoff Hurst, dan Ray Wilson.

Kiprah Banks dalam menjaga gawang terus berlanjut. Salah satunya adalah penyelematan gemilang dari penyerang Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal Pele. Sundulan Pele yang 99 persen berbuah gol, berhasil ditepis Banks pada Piala Dunia tahun 1970 di Mexico.

BACA JUGA: Buffon Inginkan Trofi Liga Champions Bersama PSG

Bersama Leicester dia telah melewatkan 354 penampilan yang terdiri atas 293 penampilan di ajang Liga Inggris, 34 Piala FA, dan 25 penampilan di Piala Liga. Selain itu, dia juga tampil empat kali di ajang Eropa.

Sedangkan berseragam Stoke, dia tampil 250 kali, dengan rincian 194 tampil di ajang Liga, 27 Piala FA, dan 19 Piala Liga, serta satu penampilan di ajang Eropa.

Banks dilahirkan di Stoke pada 30 Desember 1937. Karir profesionalnya telah tampil 558 kali di kompetisi domestik sepanjang 1958-1977. Sedangkan berseragam timnas sudah 73 kali dengan satu Piala Dunia. Atas prestasinya dia dianugerahi Order of British Empire (OBE) dari Kerajaan Inggris. Selamat Jalan, Gordon Banks.