Diskoperindag Gresik Tidak Temukan Timbangan Nakal

Agus Salim

Reporter

Agus Salim

Senin, 15 Juli 2019 - 19:56

JATIMNET.COM, Gresik – Ratusan pedagang mengikuti sidang tera dan perbaikan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag Kabupaten Gresik, Senin 15 Juli 2019.

Para pedagang di Pasar Baru Jalan Gubernur Suryo, memanfaatkan pelayanan sidang tera untuk melakukan tera ulang dan juga perbaikan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP), sebelum ditera timbangan harus di perbaiki terlebih dulu.

Tera ulang merupakan kewajiban bagi pengguna UTTP sekaligus upaya perlindungan konsumen dan pengguna agar berat atau ukuran barang yang diberikan pada konsumen sesuai nilai barang.

BACA JUGA: Pemkab Gresik Segera Hapus Tenaga Honorer

Meski tidak ditemukan hal kecurangan oleh pedagang, Diskoperindag Gresik akan menindak jika ada konsumen yang melaporkan kecurangan pedagang pada alat ukur seperti timbangan.

“Kalau tidak ditera timbangan bergeser dan merugikan pedagang maupun pembeli. Alat untuk ukuran berat semuanya harus dikalibrasi, agar normal," terang Kepala Diskoperindag Gresik, Agus Budiono.

Agus melanjutkan, untuk pelaksanaan tera yang dilaksanakan UPTD Metrologi Legal Kabupaten Gresik ini akan dilakukan di semua pasar yang ada di Kabupaten Gresik, termasuk pasar tradisional.

BACA JUGA: Di Gresik, Bayar Pajak Kendaran Bisa Sekaligus Cek Kesehatan

Secara teknis, UTTP setelah diperiksa atau ditera akan diberi label. Sementara dalam satu bulan empat pasar dijadwalkan dilakukan pengecekan yang merupakan instruksi dari pemerintah pusat.

“Temuan ada, tim kami menemukan timbangan yang rusak dan tetap digunakan pedagang. Namun, indikasi kecurangan dalam timbangan tidak ada,” pungkas salah satu petugas.

Baca Juga

loading...